Apa Itu Aplikasi Asset Management Dan Apa Saja Fungsi Dan Tahapannya

March 5, 2024
Danar

Pernah mendengar aplikasi asset management? Pentingkah bagi perusahaan Anda?

Bagi Anda yang Memiliki perusahaan baik perusahaan baru maupun perusahaan besar. Anda perlu menghitung dan menjaga aset yang dimiliki oleh perusahaan Anda. 

Apabila perusahaan Anda sudah berkembang menjadi perusahaan besar, maka aset yang perlu Anda hitung akan mengalami peningkatan yang bahkan mencapai angka ribuan.

Menghitung jumlah aset perusahaan membutuhkan waktu yang lama. Anda perlu aplikasi aset untuk menghitung aset yang Anda miliki. Lantas apa itu aplikasi asset management dan apa saja manfaat serta cara kerjanya?

Apa yang Dimaksud Dengan Aplikasi Asset Management?

Aplikasi asset management adalah software yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam menghitung aset-aset yang dimiliki dan diperlukan oleh perusahaan Anda.

Apabila Anda memiliki perusahaan, maka Anda akan menghitung aset yang Anda punya. Nantinya aset ini akan Anda gunakan untuk membuat strategi perusahaan.

Dengan menghitung aset, Anda akan mengetahui aset-aset mana yang bersifat fixed dan aset-aset mana yang bersifat sementara. Aset yang Anda miliki dalam jangka panjang merupakan aset fixed sedangkan aset yang Anda miliki dalam jangka pendek ialah aset sementara atau yang dikenal sebagai current asset.

Pada intinya, Anda memerlukan aplikasi asset management untuk menghitung aset-aset yang Anda miliki dengan mudah, cepat dan tepat.

Simak Juga:: Jenis-Jenis Web Server yang Mudah Digunakan

Manfaat-Manfaat dari Aplikasi Asset Management

Aplikasi asset management menawarkan berbagai manfaat dan fungsi yang akan Anda rasakan setelah Anda mencoba aplikasi tersebut. Berikut merupakan manfaat serta fungsi dari aplikasi manajemen aset:

1. Aplikasi Manajemen Aset Akan Mencegah Pembelian Aset yang Tidak Diperlukan

Seiring berjalannya waktu, perusahaan Anda perlu melengkapi berbagai macam aset yang Anda miliki dengan membeli aset-aset baru. Namun, sebagian perusahaan masih mengalami kerugian ketika membeli aset.

Mengapa perusahaan-perusahaan tersebut mengalami kerugian? Sebabnya ialah mereka gagal dalam menghitung aset yang dimiliki dan diperlukan dengan tepat.

Anda tentu perlu membeli aset yang tidak Anda miliki. Namun, ada kemungkinan bahwa aset yang Anda perlukan sebenarnya sudah Anda miliki tanpa sepengetahuan Anda akibat dari kegagalan dalam menghitung aset.

2. Aplikasi Manajemen Aset Akan Memudahkan Anda Dalam Menghitung Asset Anda yang Berjumlah Banyak

Bagi Anda yang baru saja merintis perusahaan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menghitung aset yang Anda miliki secara manual.

Namun, apabila perusahaan Anda sudah berkembang menjadi perusahaan besar, maka semakin banyak dan bervariasi juga aset-aset yang perlu Anda pertimbangkan.

Ketika aset-aset yang perlu Anda hitung sudah beraneka macam, maka besar kemungkinan akan terjadi human error ketika Anda melakukan perhitungan aset.

Ketika Anda sudah mencapai tahap ini, maka Anda memerlukan aplikasi untuk membantu Anda dalam menghitung aset dengan mudah dan mencegah terjadinya kesalahan dalam menghitung aset.

3. Aplikasi Manajemen Aset Akan Membantu Anda Dalam Menciptakan Laporan Keuangan yang Aman

Apa itu laporan keuangan dan mengapa aplikasi asset management memegang peranan penting dalam menciptakan laporan keuangan yang aman?

Laporan keuangan adalah laporan yang membantu menentukan apakah perusahaan Anda sedang mengalami keuntungan ataupun kerugian.

Di sisi lain, laporan keuangan yang aman juga meningkatkan kepercayaan calon-calon investor serta partner perusahaan yang Anda miliki terhadap perusahaan Anda.

Dengan bantuan aplikasi asset management, Anda dapat membuat laporan keuangan yang sesuai dengan keuangan perusahaan Anda tanpa adanya human error.

Simak Juga:: Sekilas Tentang Apa itu Manajemen Proses Bisnis? Yuk Pahami

Tahapan-Tahapan Dalam Menggunakan Aplikasi Manajemen Aset

Berikut tahapan menggunakan aplikasi asset management:

1. Tentukan Aplikasi Asset Management yang Akan Anda Gunakan

Memilih aplikasi asset management yang tepat merupakan langkah pertama dalam melakukan manajemen aset.

Salah satu aplikasi aset manajemen yang memadai untuk perusahaan Anda dapat Anda temukan di Deltadata Mandiri.

Deltadata Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi manajemen aset. Aplikasi yang ditawarkan mudah untuk digunakan dan memiliki standar kualitas yang modern.

2. Tentukan Aset Perusahaan Anda

Selanjutnya, Anda akan menggunakan aplikasi manajemen aset untuk menghitung aset yang dimiliki perusahaan Anda.

Tentukanlah orang-orang yang Anda percaya untuk melakukan perhitungan aset perusahaan Anda.

3. Penuhi Kebutuhan Aset

Setelah menghitung aset-aset perusahaan. Anda perlu melengkapi aset yang belum Anda miliki.

4. Tentukan Aset yang Ingin Anda Pelihara

Langkah selanjutnya ialah menentukan aset-aset yang menurut Anda penting untuk perusahaan Anda.

Di sisi lain, Anda juga perlu menilai apakah aset yang Anda miliki masih layak untuk dipakai atau harus Anda perbarui dengan aset yang lebih modern.

Kesimpulan

Begitulah penjelasan mengenai aplikasi asset management yang perlu Anda pertimbangkan untuk memastikan kesuksesan perusahaan Anda.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam memilih aplikasi yang sesuai untuk keperluan Anda, maka Anda dapat mempertimbangan Deltadata Mandiri sebagai penyedia aplikasi manajemen aset.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai aplikasi asset management, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com

Simak Juga:: 7 Hambatan Manajemen Proses Bisnis Paling Umum