Mengenal Apa Itu Data Quality, Manfaat dan Pentingnya Bagi Perusahaan

January 31, 2024
Danar

Ada sebuah kalimat berupa "data is a new oil". Hal ini boleh jadi benar adanya, sebab, sekarang daya adalah hal yang benar-benar sangat penting dalam berbagai hal.

Khususnya dalam operasional bisnis suatu perusahaan. Untuk patokan mengenai kualitas data, Anda perlu memahami pengertian data quality.

Di masa digital yang kini semua hal bisa Anda peroleh dengan mudahnya, tentu hal ini juga ada kaitannya dengan data. Bahkan, dengan aktivitas akses internet saja, data-data tersebut terjadi sebuah transfer atau pertukaran data dengan volume yang luar biasa. 

Artikel ini akan membahas secara lebih lanjut mengenai apa itu data quality beserta dengan penjelasan terkait seberapa pentingnya hal tersebut. Lalu, kami juga akan memberikan contoh mengenai data quality.

Oleh karena itu, tetap simak artikel ini sejak awal hingga akhir untuk memperkaya pengetahuan Anda terkait hal ini.

Apa itu Data Quality

Pembahasan pertama, mari ketahui definisi dari data quality ini agar Anda bisa memahami bahasan selanjutnya. 

Kata ini bisa Anda terjemahkan secara harfiah sebagai kualitas data. 

Secara definisi lengkap, data quality ini adalah sebuah bentuk informasi kualitatif atau kuantitatif dari data yang nantinya akan menjadi pertimbangan mengenai seberapa baik data tersebut untuk digunakan nantinya. Semakin berguna data tersebut, maka artinya kualitas data juga bagus. 

Simak Juga:: Kenali Apa Itu Disaster Recovery dan Fungsinya Dalam Dunia IT

Pentingnya Data Quality 

pentingnya data quality
Sumber : Unsplash

Kalau Anda masih belum terlalu paham mengenai ekosistem bisnis dan teknologi digital di masa sekarang, ada baiknya untuk mempelajari lebih lanjut. Apalagi kalau Anda adalah pebisnis dan ingin mengembangkan sayap ke ranah digital dengan ekspansi yang besar di masa depan.

Pada pembahasan awal, tadi sudah artikel ini singgung mengenai 'kulit luar' dari seberapa pentingnya data di masa sekarang ini. Sekarang, data juga setara berharganya dengan minyak. Dalam ranah bisnis, hal ini punya kegunaan yang sangat besar sekali.

Memahami secara gamblang mengenai kualitas data tersebut mungkin masih membingungkan Anda. Bisa jadi  Anda berpikiran pula mengenai hal-hal apa saja yang menjadi tolok ukur atau indikator dari kualitas data tersebut. 

Data ini seringkali tidak memiliki kualitas yang bagus. Misalnya saja data tersebut tidak akurat atau memiliki informasi  yang tidak lengkap. Belum lagi kalau data tersebut ternyata tidak relevan dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi Anda. 

Satu aspek dari data yang juga tak kalah penting adalah mengenai seberapa up to date data yang Anda dapatkan. Tentunya, Anda pastinya membutuhkan data yang paling baru untuk hal ini.

Kalau Anda hendak mengolah data tersebut sebagai sumber keputusan, pastinya hasilnya tidak akan baik. Dengan data yang tak akurat atau kualitasnya buruk maka tujuan Anda menggunakan data tersebut kemungkinan besar akan gagal. Anda tidak mau kan hal-hal tersebut terjadi?

Oleh karena itu, pastikanlah agar tim IT dalam perusahaan Anda melakukan pengecekan terhadap kualitas dari sebuah data.

Simak Juga:: Cara Backup Data dengan Benar di Windows, Penting Untuk Anda Lakukan

Manfaat Data Quality

Tadi kita sudah membahas mengenai pentingnya kualitas data. Lalu, apa saja manfaat dengan adanya kualitas data yang baik?

Berikut ini adalah beberapa contoh terkait seberapa pentingnya data quality ini. 

1. Sebagai Dasar untuk Pembuatan Keputusan

Pengambilan keputusan dalam perusahaan tentu perlu banyak pertimbangan yang matang. Tentunya, data ini berperan sebagai salah satu sumber untuk menentukan keputusan apa yang hendak perusahaan ambil dalam perencanaan atau kebijakan tertentu.

Data yang memiliki kualitas baik tentunya akan menjadi sebuah patokan yang sangat membantu dalam pembuatan keputusan. Sehingga hasil yang nantinya perusahaan dapatkan akan punya kualitas yang baik pula. 

2. Membantu Menerapkan Strategi Pemasaran yang Lebih Efektif

Tentunya, pemasaran adalah sebuah hal yang sangat penting bagi perusahaan. Sebab, penjualan sebuah barang maupun jasa adalah kunci dari keberlangsungan bisnis. Data ini bisa membantu perusahaan dalam membuat strategi pemasaran yang tepat.

Apalagi, sekarang data juga lebih terpersonalisasi. Artinya, perusahaan bisa menentukan target pasar yang sesuai dengan latar belakang audiens yang lebih detail.

3. Untuk Mendorong Inovasi

Keberlangsungan dan inovasi perusahaan tak terlepas dari data. Anda bisa menggunakan data tersebut sebagai upaya menciptakan inovasi yang baru dari perusahaan.

Pengolahan data yang tepat ini akan sangat membantu dan telah terbukti dari banyaknya perusahaan besar yang memanfaatkannya sebagai inovasi.

Itu dia pembahasan kali ini mengenai pengertian  data quality. Bila kita rangkum lagi, data quality ini memang punya peranan yang sangat penting untuk operasional bisnis. Manfaatnya juga sangatlah besar.

Oleh karena itu, pastikanlah agar untuk terus memantau kualitasnya bila mendapatkan data yang hendak Anda manfaatkan.

Sebagai saran, kalau Anda membutuhkan bantuan terkait data quality, maka bisa mempercayakannya service dari Deltadata. Yang mana, kami telah memiliki reputasi baik dengan berbagai jasa yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai data quality, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com