Mengenal Apa itu Beacon? Alat Kecil Dengan Manfaat Besar

March 14, 2024
Danar

Apa itu Beacon?

Beacon merupakan alat transmiter bluetooth dengan ukuran kecil, namun menyimpan kegunaan yang sangat besar dalam perkembangan teknologi saat ini.

Beacon diumpamakan seperti mercusuar yang memberitahukan pelaut sejauh apa mereka dengan daratan atau untuk mengetahui dimana posisi mereka sekarang.

Pekerjaan utamanya adalah melakukan transmisi sinyal radio secara berulang-ulang yang nantinya dapat dikenali oleh alat dengan fitur bluetooth di dalamnya.

 

wifi

Seperti Apa isi dari Beacon Apabila Dibongkar? 

Apabila dibongkar, beacon hanya terdiri dari CPU, radio, dan baterai (biasanyaberupa keping baterai litium), atau dapat disambungkan dengan port USB untuk melakukan pengisian daya.

Ada juga beacon yang mengandung akselerometer, sensor suhu, dll, namun tugas utamanya tetap untuk melakukan transmisi sinyal radio.

Sinyal Apa yang Sebenarnya Dipancarkan oleh Beacon?

Beacon hanya memancarkan kode unik yang apabila ditangkap oleh alat yang dapat mendeteksisinyal beacon, akan menunjukkan keberadaan beacon tersebut.

Simak Juga:: Next-Generation ONTAP System Manager: Simple, Flexible, and Agile

Bagaimana Cara Beacon Berinteraksi?

Sebagai contoh, sebuah pusat perbelanjaan melakukan pemasangan beacon di toko-toko pada tempat tersebut, semua beacon akan memiliki kode pengenal yang terdaftar dialat tersebut.

Ketika ponsel (90% ponsel yang beredar mempunyai bluetooth) andamengenali kode pengenal dari beacon yang berada di dalam toko tersebut, maka kode tersebut dapat memantik aplikasi terkait (yang dapat mengenali kodebeacon) untuk, contohnya, mengirimkan kupon diskon.

Hal-hal yang dapat dilakukan tidak hanya itu, mungkin juga dapat memberikan navigasimenuju barang yang diinginkan, dll.

Hal yang harus dilakukan beacon hanyalah menyambungkan posisi anda dengan aplikasi dan sisanya dikerjakan oleh program.

 

Bluetooth
Simak Juga:: Cari Tahu Apa Itu Ransomware? Cara Kerja dan Pencegahannya

Bagaimana Cara Beacon Dapat Tersambung dengan Website?

Jawabannya adalah Bluetooth! Seperti yang sudah ditulis diatas bahwa bluetooth ada didalam 90% dari ponsel yang beredar di seluruh dunia.

Menggunakan bluetooth,berarti beacon dapat digunakan oleh sebagian besar ponsel pelanggan yang memang kesehariannya banyak menggunakan ponsel.

Bluetooth menyediakan layanan pengiriman data standar dengan jarak yang relatif dekat seperti penggunaan wifi.

Ini menyebabkan penggunaan beacon sangat sederhana,karena sudah ada web Bluetooth di sekitar anda yang dapat menghubungkan beacondan perangkat pintar termasuk ponsel anda. 

Beacon biasa disebut juga BLE Beacon yang berarti Bluetooth Low Energy.

Ini merupakan penggunaan daya yang sangat efisien dari bluetooth yang diperkenalkan 2010 lalu.

Efisiensi energi ini sangat vital untuk beacon agar bisa bertahan hinggabertahun-tahun dengan kepingan baterainya.

Simak Juga:: Modernisasi Aplikasi dengan DeltaApp Rapid Platform (Low-Code)

Bagaimana Beacon dapat Berkomunikasi?

Gambaran besarnya, beacon mengirimkan kode uniknya melalui transmisi sinyal, kemudian ponsel yang posisinya dekat akan menangkap sinyal tersebut.

Ketika aplikasiterkait mengenali sinyal tersebut, maka sinyal tersebut akan disambungkan kesebuah perintah yang sudah ditentukan di dalam cloud dan akan disampaikan kepada pengguna ponsel tersebut.

Beberapa Kegunaan Beacon :

1. Untuk memberikan informasi

2. Untuk meningkatkan penjualan

3. Untuk berinteraksi

4. Untuk mengarahkan/navigasi

5. Untuk analisis

6. Untuk melacak

7. Untuk keamanan

 

Deltadata Mandiri sebagai pengusung digital transformation, juga menyediakan beacon sebagai salah satu solusi next generation IT.

 

Mobile