Sengkuyung: Pengertian, Kelebihan, dan Manfaat Produk

Perkembangan teknologi yang sangat cepat mau tak mau membuat semua orang bergerak lebih agresif. Entah itu kerja tim atau individu, penyelesaian manual bukan lagi jadi cara terbaik. Anda bisa mempermudah kolaborasi pekerjaan dan penyelesaian proyek dengan Sengkuyung.

Sebagai pemain baru di kompetisi startup lokal, mungkin Anda belum terlalu mengenal Sengkuyung. Tapi jangan khawatir, kami akan membawa Anda mengenal produk ini lebih jauh. Termasuk juga mengetahui kelebihan dan manfaatnya.

Apa Itu Sengkuyung?

Diambil dari kata dalam bahasa Jawa, sengkuyung artinya pengerjaan bersama-sama secara bergotong royong.

Selaras dengan pemilihan nama tersebut, aplikasi Sengkuyung hadir untuk memudahkan Anda dalam melakukan kolaborasi pekerjaan dalam tim. Sengkuyung adalah kolaborasi online dan platform produktivitas kantor dalam bentuk cloud dan perpetual license.

Produk ini resmi rilis pada Desember tahun 2020 lalu. Momen ini bertepatan dengan tren kerja saat ini ketika karyawan banyak bekerja dari rumah karena pandemi. 

Kelebihan Sengkuyung

Kelebihan Sengkuyung
By: Unsplash

Sengkuyung aplikasi memiliki motto yakni One Platform For All Needs. Melalui satu platform, harapannya keberadaan aplikasi ini bisa memudahkan Anda dan tim bekerja meski tidak bisa bertatap muka. Bekerja menjadi lebih mudah dan menyenangkan. 

Berikut beberapa kelebihan Sengkuyung:

1. Produk Lokal

Sengkuyung adalah produk lokal yang sudah terdaftar di United States Patent Trade Office dan HAKI Kemenkumham. Sebagai produk lokal, tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

2. Tersedia Versi Web dan Mobile

Meski terbilang baru rilis, namun Sengkuyung sudah hadir dalam dua versi yakni web dan mobile. Versi mobile-nya, Anda bisa menggunakan Android maupun iOS. Proses pengunduhan bisa Anda lakukan melalui website resmi Delta Data Mandiri ya.

3. Fitur Lengkap

Platform ini menghadirkan kolaborasi kerja dengan berbagai fitur penunjang yang lengkap. Mulai dari monitor progres pekerjaan berbasis kanban, konferensi video dengan unlimited host, omnichat, manajemen file, hingga office editor.

4. Harga Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan aplikasi dan layanan sejenis dari luar negeri, Sengkuyung menawarkan harga lebih murah. Bahkan persentasenya sekitar 30% lebih terjangkau lho. Dengan fitur selengkap ini, Sengkuyung tentu lebih worth it bukan?

Manfaat Sengkuyung

Manfaat Sengkuyung
By: Screenshot

Sebagai platform all in one, Sengkuyung hadir dengan berbagai manfaat yakni sebagai berikut:

1. Boards untuk Menampilkan Proses Kerja

Salah satu bagian penting dari platform ini adalah boards. Fungsinya sebagai bentuk visualisasi agar Anda dan tim bisa melihat proses kerja, misalnya sampai mana pekerjaan berjalan dan bagaimana perkembangannya.

Melalui boards, Anda bisa mengatur proyek dengan lebih efektif, membuat planning, budgeting, dan lain sebagainya.

Anda dan tim juga bisa berkolaborasi dan berkomunikasi dengan lebih efektif dengan banyaknya data yang terkumpul di boards.

2. Video Conference untuk Komunikasi Lebih Baik

Konferensi video menjadi hal yang lumrah dalam tren pekerjaan saat ini. Fitur ini hadir dengan user interface yang modern.

Melalui fitur ini, Anda bisa meeting dengan tim menggunakan audio, video, maupun keduanya. Ada juga fitur rekaman konferensi video sehingga ke depannya bisa dilakukan review lanjutan. 

Tak hanya itu, konferensi video ini bisa diikuti ratusan peserta pasif dan performa streaming-nya optimal. Harapannya, fitur ini bisa membuat keputusan lebih cepat diambil.

3. Chat Sebagai Tempat Diskusi dan Komunikasi

Fitur selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan di platform ini adalah chatting. Ini bisa Anda jadikan alat komunikasi lain yang memudahkan anggota tim bertukar informasi secara cepat.

Ada dua opsi yang bisa Anda dapatkan. Pertama chatting secara personal dengan orang lain ataupun fungsi chat omnichannel dengan tujuan komunikasi bisnis yang lebih luas. Anda bisa berdiskusi dengan nyaman di sini.

4. Manajemen Dokumen

Bekerja dalam tim maupun personal tidak akan lepas dari keberadaan dokumen. Melalui platform ini Anda bisa mengelola dokumen dengan lebih efektif. 

Anda juga lebih mudah dalam menyimpan, mengklasifikasikan, berbagi, hingga mengatur siapa saja yang bisa mengakses dokumen. Tak hanya berbagi kepada sesama pekerja, namun juga stakeholder dan pelanggan. 

5. Fitur Office

Membuat dokumen dalam berbagai format, termasuk presentasi dalam slides menjadi makanan sehari-hari di kantor. Kondisi ini juga didukung oleh Sengkuyung melalui fitur Sengkuyung Doc, Sengkuyung Spreadsheet, dan Sengkuyung Slides.

Ketiga fitur ini dikenal sebagai Sengkuyung Office yang memungkinkan Anda mengedit dokumen dan berkolaborasi secara online dengan orang lain.

Fitur ini juga kompatibel dengan berbagai format. Bahkan Anda juga bisa membukanya dari aplikasi lain. Keren, bukan?

6. Forms

Formulir survei atau halaman produk adalah dua hal yang banyak dibutuhkan dalam pekerjaan. Di era teknologi seperti sekarang, pembuatan form secara manual sudah ditinggalkan.

Semua butuh proses yang lebih cepat. Fitur forms di platform ini memungkinkan Anda untuk membuat berbagai jenis formulir secara online dan cepat. Pilihan desainnya juga bisa custom dan Anda sesuaikan kebutuhan.

Sengkuyung Produk dari Deltadata Mandiri

Aplikasi ini adalah produk dari PT. Delta Data Mandiri yang sudah berkecimpung dalam industri transformasi digital sejak tahun 2014 lalu. Misi kami adalah memungkinkan transformasi digital cepat melalui teknologi terkini, orang, dan kepemimpinan.

Melalui Sengkuyung, kami berharap bisa membantu bisnis Anda menjadi digital di era persaingan yang semakin ketat. 

Setidaknya ada 4 use cases dari aplikasi Sengkuyung ini. Sebut saja proses pengadaan, kontrak manajemen, perencanaan pembelian, hingga survei, dan kuesioner vendor. Konsultasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.