Solusi dan Keunggulan BPMN 2.0 untuk Kemajuan Bisnis Anda

Tawaran solusi dan keunggulan BPMN 2.0 perlu Anda pertimbangkan baik-baik jika ingin membangun proses bisnis yang lebih efektif dan powerfull.

Saat ini, BPMN menjadi pembicaraan banyak pelaku bisnis. Bahkan, berbagai kampus menjadikannya materi ajar dan objek penelitian. 

Maka percayalah, arus masa depan menuntut Anda mengaplikasikan BPMN 2.0 untuk organisasi bisnis yang kini Anda bangun. Artikel ini akan menguatkan alasan mengapa Anda perlu mengikuti arusnya.

Mengapa BPMN 2.0?

Di dunia bisnis, Anda mungkin menemukan berbagai pemodelan proses bisnis selain BPMN 2.0. Namun, ada sejumlah alasan mengapa BPMN 2.0 adalah pilihan paling tepat.

Selain apa yang kami singgung sedikit di awal tulisan, kami punya sejumlah alasan lainnya dalam beberapa poin.

1. Meningkatkan efisiensi

Mengacu pada survei yang Microsoft publikasikan, 65% setuju bahwa penggunaan BPMN telah meningkatkan efisiensi bisnis mereka.

Memiliki model BPMN workflow yang menjadi standar bagi perusahaan, bukan hanya bermanfaat secara internal berupa otomatisasi kerja yang efisien. Menariknya, survey tersebut juga menyebut bahwa efisiensi yang dimaksud memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. 

2. Mengoptimalkan fungsi organisasi bisnis

Kelengkapan struktur organisasi menjadi percuma jika perusahaan tidak memiliki model proses bisnis yang jelas. BPMN 2.0 bisa membantu membuat semua lini bekerja secara efektif untuk kepentingan perusahaan. Bentuknya meliputi:

  • Meningkatkan koordinasi
  • Memudahkan kontrol bisnis
  • Membuat tim lebih patuh pada peraturan
  • Membantu perusahaan mengenalkan produk baru

3. Digunakan oleh berbagai perusahaan besar

Poin penting lainnya, BPMN 2.0 ini yang berbagai korporasi gunakan untuk menjalankan berbagai proyek level tingginya. Sebut saja Oracle dan IBM yang sudah bereputasi tinggi.

Di Indonesia, perusahaan besar yang menggunakannya antara lain PT Telkom dan PT Gudang Garam.

Itu artinya, ini bukan lagi pemodelan proses bisnis yang sifatnya eksperimen, namun manfaatnya sudah terealisasi secara real.

Keunggulan BPMN 2.0

Fakta-fakta mengenai alasan BPMN 2.0 layak Anda pertimbangkan adalah hal yang wajar. Semuanya merupakan efek dari berbagai keunggulan yang terkandung pada model BPMN 2.0 ini.

Setidaknya, ada tiga keunggulan penting yang perlu Anda garis bawahi.

1. Sederhana 

Sistem notasi yang menjadi elemen dalam BPMN relatif mudah untuk dipahami. Bukan hanya untuk level pemangku kebijakan dalam bisnis, namun juga oleh anggota organisasi bisnis paling kecil sekalipun.

Berdasarkan survey, 52% pelaku bisnis yang menggunakan BPMN menyebut bahwa mereka hanya sesekali mencontohkan dan mendokumentasikan proses bisnisnya.

Kesederhanaan ini, alih-alih jadi kekurangan, malah justru menjadi poin penting dalam era bisnis yang semakin dinamis dan membutuhkan kecepatan.  

2. Fleksibel

Apabila Anda bandingkan dengan pemodelan visual untuk proses bisnis lainnya, BPMN 2.0 cenderung lebih fleksibel.

Misalnya jika Anda dibandingkan dengan Unified Modeling Language (UML) yang penggunaannya spesifik dan hanya cocok untuk industri perangkat lunak.

Perancang BPMN 2.0, yakni OMG (The Object Management Group), membuat BPMN 2.0 dapat cocok untuk diaplikasikan pada skala industri yang lebih luas. Bahkan, cocok juga untuk lembaga publik dan pemerintahan seperti kesehatan dan pendidikan.

Ini akan membantu berbagai organisasi bekerja lebih profesional untuk melayani pelanggannya.

3. Menjadi standar internasional

FYI, OMG sebagai pengembang BPMN merupakan konsorsium standar teknologi nirlaba internasional yang tidak terikat dengan satu perusahaan tertentu.

Karenanya, pemodelan ini sudah dan terus bergerak menjadi pemodelan proses bisnis yang mendunia. Mengingat OMG memiliki visi menghimpun perusahaan secara internasional untuk memiliki standar teknologi terbaik dalam bisnisnya.

Berdiri sejak 1989, OMG juga komitmen dengan penyempurnaan standar yang mereka bangun. Buktinya, BPMN OMG juga telah melalui pengembangan dari waktu ke waktu.

Deltadata Mandiri, Solusi BPMN 2.0 untuk Bisnis Anda!

Anda sudah semakin yakin untuk mengaplikasikan solusi BPMN 2.0 untuk percepatan bisnis Anda?

Sayangnya, mengaplikasikan model ini dalam bisnis Anda tak cukup dengan keyakinan. Anda perlu eksekusi yang tepat agar berbagai keunggulannya bisa benar-benar memberi impact bagi organisasi bisnis yang Anda bangun.

Untuk itu, Anda perlu mitra kolaborasi yang tepat dalam mewujudkannya. Deltadata Mandiri dalam hal ini siap untuk membantu Anda dengan penawaran berikut.

  • Pengalaman dan dedikasi, sejak 2014 kami sudah menangani puluhan klien untuk membantu digitalisasi bisnisnya. 
  • Sebagai klien, Anda bisa menyesuaikan pendekatan alur kerja dan strategi otomatisasi untuk kami untuk pengaplikasian yang komprehensif. Sehingga setiap stakeholder bukan hanya mampu memberikan visualisasi, namun juga mengontrol dan menganalisis proses dari A-Z.
  • Deltadata Mandiri adalah perusahaan dengan reputasi internasional, yang bermitra dengan vendor BPMN global, Camunda. Kami siap membantu transformasi otomatisasi dan digitalisasi dalam tubuh bisnis Anda dengan profesional.

Solusi dan keunggulan BPMN 2.0 bisa Anda dapatkan secara paripurna dengan bermitra bersama Deltadata Mandiri. Kami terbuka untuk mendengar kebutuhan Anda yang tertarik dengan penawaran kami. Jadi,  jangan ragu hubungi kami di sini.