Yuk Pahami SQL Baru Terdistribusi Sejalan dengan Yugabyte

January 16, 2023

Sejalan dengan upaya baru, Yugabyte telah memutuskan untuk meningkatkan dan meluncurkan SQL baru terdistribusi dalam kemitraan dengan Deltadata. Ini, pada gilirannya, akan memungkinkan untuk memproses transaksi terdistribusi dengan platform teknologi sumber terbuka.

Faktanya adalah bahwa SQL terus menjadi bahasa standar untuk RDBMS atau database relasional.

Seharusnya tidak mengejutkan bahwa fokus pasar berputar di sekitar database SQL. Sejauh arsitektur berjalan, database SQL seperti PostgreSQL, MySQL, dan Oracle berdiri sendiri. 

Namun, jenis arsitektur ini tidak dapat mendistribusikan kueri dan data di berbagai instans secara otomatis. Demi skalabilitas, di sinilah database SQL baru terdistribusi datang ke flip.

Sifat SQL Terdistribusi

SQL Terdistribusi adalah kelas database baru yang telah memiliki adopsi mainstream. Misalnya, Google Cloud Spanner memiliki database SQL terdistribusi yang dibuat khusus untuk tujuan tertentu. 

Database telah memungkinkan banyak perusahaan yang sukses untuk melihat database dalam cahaya baru. 

Misalnya, Google menggunakan Spanner, yang merupakan database yang didistribusikan secara global, multi-versi, dapat diskalakan, dan direplikasi sinkronisasi. Sejak itu, tentu saja, SQL terdistribusi telah memiliki adopsi yang signifikan.

Lapisan Arsitektur SQL Baru Terdistribusi

Database SQL baru terdistribusi dilengkapi dengan tiga lapisan arsitektur:

1. SQL API

Lapisan arsitektur ini harus memiliki SQL API untuk mendukung aplikasi dalam data relasional. Pada saat yang sama, ia dapat membuat kueri yang terkait dengan hubungan.

2. Distributed Query Execution

Dalam lapisan arsitektur ini, distribusi kueri otomatis menjadi mungkin di berbagai node kluster. 

Akibatnya, tidak ada satu node yang menyebabkan kemacetan di seluruh pemrosesan kueri. Pada akhirnya, node asli menyetujui permintaan dan mengirimkan hasil kolektif ke aplikasi klien.

3. Distributed Data Storage

Data dengan indeks perlu di-shard atau didistribusikan di beberapa node cluster secara otomatis. Setelah tidak ada masalah kemacetan, itu akan menyebabkan ketersediaan dan kinerja yang tinggi. 

Lapisan arsitektur cluster database ini juga mendukung replikasi yang kuat dan konsisten serta transaksi terdistribusi ACID.

Manfaat SQL Baru Terdistribusi untuk Bisnis

Salah satu manfaat menggunakan SQL baru terdistribusi adalah memberikan fleksibilitas dan kelincahan tambahan kepada pengembang dengan SQL dan transaksi. 

Meskipun database NoSQL seperti MongoDB, FaunaDB, dan Amazon DynamoDB mendukung beberapa operasi transaksional, pengembang aplikasi terus fokus pada database SQL untuk kasus penggunaan di masa mendatang. 

Dan itu karena sifat SQL yang kuat bekerja dengan sempurna sebagai bahasa pemodelan data dan dengan mulus memodelkan operasi multi-baris dan relasional.

Keuntungan lain dari SQL baru terdistribusi adalah bahwa ia menanamkan ketahanan tinggi jika terjadi perbaikan atau failover asli. 

Bahkan, database SQL terdistribusi memastikan konsensus terdistribusi pada setiap tingkat pecahan. Akibatnya, setiap pecahan menjadi sangat tersedia jika terjadi potensi kegagalan.

Di sisi lain, SQL terdistribusi memungkinkan Anda untuk memastikan skalabilitas sesuai permintaan horizontal. Plus, ketika datang ke distribusi geografis, SQL terdistribusi memberikan latensi pengguna yang rendah. 

Yugabyte unggul karena memastikan biaya kepemilikan yang rendah tanpa mengorbankan kinerja tinggi. Ketika datang ke orkestrasi aplikasi berbasis Kubernetes, SQL terdistribusi bersifat netral cloud.

Mulai Perjalanan Anda dengan SQL Baru Terdistribusi

Dari operator database hingga pengembang aplikasi cloud asli, database SQL terdistribusi tidak pernah lebih relevan. 

Pelajari informasi lebih lanjut tentang SQL terdistribusi yang kuat dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bagi bisnis. 

Anda dapat mengandalkan Deltadata Mandiri untuk mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan Anda tentang SQL terdistribusi. 

Beradaptasi transformasi digital yang cepat melalui kepemimpinan, orang dan teknologi yang tepat yang ditawarkan oleh Deltadata Mandiri.