Pengertian Data Governance: Manfaat dan Mengapa Begitu Pentingnya

February 2, 2024
Danar

Dalam teknologi informasi perusahaan, ada sebuah hal penting yang harus diterapkan, yaitu data governance. Yang mana, hal ini menyangkut dengan penggunaan data oleh pihak perusahaan. Lalu, apa sebenarnya pengertian data governance ini?

Memahami mengenai data governance sangatlah penting kalau Anda hendak mengelola sebuah perusahaan yang memiliki integrasi dengan sistem digital. Mari ketahui lebih lanjut mengenai hal ini.

Apa itu Data Governance dan Mengapa Ini Begitu Penting

Apa itu Data Governance dan Mengapa Ini Begitu Penting
Sumber : Unsplash

Pertama, kita bahas mengenai pengertian dari data governance terlebih dahulu sebagai dasar pemahaman Anda.

Untuk membuat Anda memahaminya apa itu data governance, maka Anda bisa menggambarkan hal ini sebagai sebuah peraturan atau hukum dari suatu negara. Yang mana, hal-hal tersebut mengatur apa-apa saja yang menjadi kebijakan pemerintah terkait dengan batasan tindakan dari warga negaranya.

Kurang lebih data governance yang akan kita bahas kali ini memiliki konsep yang serupa. Dari pengertian tersebut, Anda bisa menerapkan pemahaman terkait hal ini dalam konteks teknologi informasi dalam sebuah perusahaan.

Data governance adalah hal yang mengacu pada sistem yang perusahaan buat terkait dengan pengelolaan data yang perusahaan proses hingga nantinya berguna untuk perkembangan perusahaan. Dalam hal ini ada sebuah otoritas terkait dengan akses data tersebut beserta dengan bagaimana pemanfaatannya.

Simak Juga:: Pengertian Data Quality: Manfaat dan Pentingnya Bagi Perusahaan

Manfaat Data Governance

Selanjutnya, mari ketahui apa saja manfaat yang bisa perusahaan dapatkan dengan menerapkan data governance ini. Tentunya, penerapan hal ini juga memiliki tujuan yang bisa memudahkan segala tata kelola data perusahaan. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari data governance bagi perusahaan : 

1. Mencegah dari Berbagai Kemungkinan Buruk

Data memang sangatlah penting. Tak cuma itu, data yang perusahaan miliki juga tentunya ada yang memiliki nilai privasi dan tak bisa perusahaan gunakan dengan semaunya saja. Misalnya saja mengenai data pribadi konsumen yang menggunakan jasa perusahaan, jangan sampai jatuh ke orang tak bertanggungjawab.

Selain hal tersebut, tentunya masih ada lagi kasus-kasus terkait dengan penyalahgunaan data. Tak menutup kemungkinan bila ada pihak internal perusahaan yang menyalahgunakannya.. Sehingga, data governance pun hadir sebagai perlindungan.

2. Memberikan Kejelasan Mengenai Penggunaan Data 

Data governance ini memang ibarat sebuah kebijakan penggunaan data. Dengan adanya data governance ini, tentunya perusahaan beserta dengan tim internal yang terlibat akan lebih memahami bagaimana pemanfaatan data tersebut secara terarah dan terorganisir. 

Sehingga dengan pemanfaatan yang jelas tersebut, pengolahan data yang berguna dalam berbagai aspek akan bisa lebih mudah untuk perusahaan realisasikan. Mulai dari bagaimana menggunakan data tersebut untuk pengambilan keputusan, strategi pemasaran, hingga menciptakan inovasi baru.

3. Membuat Operasional Lebih Hemat Waktu dan Uang

Pengimplementasian data governance ini juga melibatkan bagaimana data ini menjadi lebih terorganisir. Sebagaimana terkait dengan poin kejelasan penggunaan ada, tentunya waktu yang tim gunakan untuk mengolah data tersebut akan lebih efektif.

Sebab, semakin banyak memakan waktu, maka ada pula biaya operasional yang harus perusahaan keluarkan. Selain itu, kemungkinan terkait dengan kesalahan penggunaan atau pengolahan data ini akan lebih terminimalisir karena sudah ada kerangka kerja yang jelas dari data governance ini.

Simak Juga:: Kenali Apa Itu Disaster Recovery dan Fungsinya Dalam Dunia IT

Contoh Data Governance

Supaya bisa lebih mudah untuk memahami bagaimana penerapan data governance ini, Anda bisa melihat contoh berikut.

Misalnya aja, sebuah perusahaan e-commerce tentunya memiliki berbagai data konsumen atau pengguna jasa yang sangat banyak. Yang mana, perusahaan ini pun telah memanfaatkan big data sebagai salah satu basis untuk operasional dan keberlangsungannya. 

Anggaplah Anda seorang pengguna jasa e-commerce tersebut. Pastinya, Anda telah memasukkan berbagai data mengenai identitas pribadi tersebut ketika melakukan pendaftaran. 

Kalau Anda pernah mengetahui kasus-kasus pencurian atau penyalahgunaan data dari perusahaan seperti ini, kemungkinan ada hal yang salah dari implementasi data governance tersebut. 

Sebenarnya, data tidak sembarangan untuk digunakan oleh siapapun. Begitu pula dengan peruntukan data ini. Sehingga, dari pihak internal perusahaan pun tidak bisa memanfaatkan data tersebut untuk kepentingan sendiri. 

Semuanya harus mengacu pada tujuan umum dan kesepakatan dari perusahaan. Yang mana, jaminan keamanan data konsumen harus jadi prioritas utama.

Sampai sini dulu bahasan kita terkait dengan data governance. Hal ini tentunya sangat penting untuk Anda yang memiliki bisnis dan mengembangkannya ke ranah digital. Sehingga, data-data tersebut bisa termanfaatkan secara maksimal sesuai dengan tujuan dan terbebas dari hal-hal yang tak diinginkan.

Dari segala materi pada artikel ini, apakah Anda sudah memahami mengenai pengertian data governance? Setidaknya hal-hal ini bisa jadi patokan untuk Anda sebagai pelaku bisnis dalam melakukan pemanfaatan data untuk berbagai kebutuhan dari perusahaan.

Terkait dengan hal ini, barangkali Anda memerlukan bantuan atau jasa dari pihak lain, maka Anda bisa mempercayakannya kepada Deltadata. Sebagai pemberi jasa profesional terkait dengan teknologi informasi, tentunya kami siap memberikan yang terbaik pada sistem informasi perusahaan Anda.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai data governance, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com

Simak Juga:: Data Protection: Pengertian, Contoh & Alasan Pentingnya