Deltadata Mandiri: Digital Transformation Consulting Indonesia

January 26, 2024
Danar

Transformasi digital menjadi suatu keharusan bagi setiap perusahaan yang ingin bersaing di era digital. Setiap organisasi yang menolak untuk melakukan transformasi digital tidak akan mampu bersaing dan akan tersingkir. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan digital transformation consulting Indonesia.

Sebelum melakukan perubahan, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang digital transformation.

Selain itu, bagaimana strategi digital transformation Indonesia, dan bagaimana prediksi masa depan untuk digital transformation. Pada akhirnya Anda bisa memilih perusahaan konsultan terbaik di Indonesia.

Pahami Digital Transformation

Pahami Digital Transformation
Sumber: pexels.com

Digital transformation atau transformasi digital merupakan proses menciptakan sesuatu yang baru, atau memodifikasi proses bisnis yang sedang berjalan, budaya, dan pengalaman pelanggan agar memenuhi perubahan bisnis dan persyaratan pasar menggunakan teknologi digital.

Transformasi digital membuka kesempatan baru bagi Anda untuk mengubah cara melakukan bisnis, terlebih lagi dalam melayani pelanggan. Proses ini berlangsung dengan baik ketika Anda menggunakan bantuan digital consultant.

Yang membutuhkan dan mampu melakukan digital transformation tidak hanya perusahaan besar saja. Bila perusahaan Anda merupakan perusahaan kecil, maka transformasi digital akan membantu Anda untuk menjadi fleksibel dan bertumbuh besar.

Sama seperti yang sudah terjadi di negara-negara lain, digital transformation di Indonesia juga akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Transformasi digital akan membuat perusahaan menjadi lebih produktif dan efisien, yang pastinya akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan pendapatan.

Simak Juga:: Sistem Kanban: Pengertian, Contoh, Fungsi, dan Keuntungan

Strategi Digital Transformation Indonesia

Bagaimana dengan proses transformasi digital di Indonesia? Bagaimana strategi digital transformation Indonesia bisa memberikan manfaat bagi perusahaan?

Ekonomi digital diperkirakan akan memberikan kontribusi sebesar pada ekonomi global pada tahun 2025. Untuk itu, Pemerintah Indonesia sebagai regulator terus aktif mendukung transformasi digital.

Untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan, berikut ini strategi yang dapat Anda lakukan:

1. Lakukan Transformasi Digital yang Berfokus Kepada Customer Experience

Transformasi Digital yang Berfokus Kepada Customer Experience
Sumber: canva.com

Ketika sebuah perusahaan melakukan transformasi digital, satu hal yang perlu menjadi fokus adalah bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan customer experience. Jangan melakukan transformasi digital karena merupakan tren, atau untuk memuaskan keinginan eksekutif perusahaan.

Perusahaan yang tidak berfokus pada pelanggan pada akhirnya akan gagal. Sebaliknya, perusahaan yang berfokus pada peningkatan customer experience akan berhasil seperti Google, Tiktok, Starbuck dan banyak perusahaan lainnya.

Lakukan transformasi digital yang menyenangkan, interaktif, cepat dan juga dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelanggan.

2. Miliki Strategi Lintas Saluran

Miliki Strategi Lintas Saluran
Sumber: pixabay.com

Perusahaan sekarang tidak bisa lagi hanya mengandalkan kesuksesan melalui offline channel saja. Bila perusahaan tidak mulai merambah online channel, kemungkinan besar akan kalah dalam persaingan.

Digital transformation strategy selanjutnya adalah dengan membangun memiliki lintas saluran atau channel. Dengan strategi ini, perusahaan bisa melayani berbagai channel, bahkan bisa mengintegrasikan seluruh channel.  Ada 3 strategi lintas saluran yang bisa Anda terapkan yaitu multi-channel, cross-channel, dan omni-channel.

Pada multi-channel, Anda bisa berjualan melalui offline channel dan online channel. Cross-channel mirip dengan multi-channel, perbedaannya adalah sudah terjadi interaksi antar channel sebelumnya.

Pada omni-channel, seluruh channel sudah terintegrasi, baik itu yang offline, reseller, marketplace dan media sosial.

3. Gunakan Big Data Secara Tepat

Gunakan Big Data Secara Tepat
Sumber: pexels.com

Dalam big data, tersedia begitu banyak data. Tetapi karena terlalu banyak, Anda harus bisa memilih data mana yang berguna untuk kepentingan pelanggan. Data yang tepat inilah yang akan menjadi sumber bagi para eksekutif perusahaan untuk mengambil keputusan secara cepat.

4. Perkuat Keamanan Siber

Perkuat Keamanan Siber
Sumber: pixabay.com

Dalam era digital seperti sekarang, mudah bagi perusahaan untuk mencari, mengirimkan, dan menyimpan data. Sayangnya di saat yang sama, kemungkinan untuk terjadinya tindakan yang bisa merugikan Anda terbuka lebar.

Transformasi digital memungkinkan Anda untuk memperkuat cyber security atau keamanan siber.

Simak Juga:: Peran Penting Cyber Security dalam Melindungi Data dan Privasi

Prediksi Masa Depan Untuk Digital Transformation

Prediksi Masa Depan Untuk Digital Transformation
Sumber: pixabay.com

Ketika Anda ingin melakukan digital transformation, elemen utamanya adalah memahami potensi teknologi yang Anda miliki.

Transformasi digital bukan hanya tentang seberapa cepat Anda melakukannya bila membandingkannya dengan orang lain.

Tetapi yang paling penting adalah apa yang bisa Anda lakukan dengan teknologi yang Anda miliki. Berikutnya adalah, bagaimana mengadaptasikan investasi teknologi ke dalam bisnis Anda sehingga tujuan perusahaan tercapai.

Perusahaan yang maju memberdayakan media sosial untuk memperluas kemampuan dalam memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan pada platform pilihan mereka.

Mengadaptasikan pilihan pelayanan melalui media sosial merupakan contoh yang baik digital transformation.

Simak Juga:: Data Storage Management: Pengertian, Contoh dan Fungsi

Digital Transformation Consulting Indonesia (Deltadata Mandiri)

Digital Transformation Consulting Indonesia (Deltadata Mandiri)
Sumber: Delta Data Mandiri

Untuk mewujudkan transformasi digital yang efektif, sesuai dengan karakteristik perusahaan dan memenuhi kebutuhan pelanggan, Anda membutuhkan digital transformation consultant yang tepat.

Deltadata Mandiri sebagai perusahaan konsultan transformasi digital siap memberikan solusi untuk Anda.

Dengan teknologi terbaru dan talenta-talenta yang memiliki kemampuan terbaik, Deltadata Mandiri akan membantu dalam dalam melakukan transformasi digital.

Deltadata Mandiri membantu Anda dalam melakukan integrasi data, integrasi media, dan menyederhanakan proses bisnis.

Selain itu, ada berbagai portofolio yang bisa Anda pilih untuk mewujudkan transformasi digital melalui Digital Transformation Consulting Indonesia. Tunggu apa lagi, Anda bisa segera menghubungi Deltadata Mandiri untuk mewujudkan digital transformation bagi perusahaan Anda.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com