Peran Penting Cyber Security dalam Melindungi Data dan Privasi

December 28, 2023
Danar

Kemajuan bidang teknologi yang semakin pesat ternyata dibarengi pula dengan ragam ancaman cyber yang bisa dibilang cukup beresiko pula.

Pasalnya, saat ini hampir seluruh masyarakat dunia menggunakan layanan berbasis internet dan tak sedikit pula yang mudah percaya dengan situs yang belum jelas keamanannya. Nah, disinilah peranan cyber security amat dibutuhkan oleh masyarakat kita.

Kehadiran cyber security tentu membawa angin segar bagi pengguna aktif jaringan internet.

Cyber security sendiri merupakan bentuk tindakan untuk melindungi sistem komputer Anda dari berbagai ancaman dan seragam maupun akses ilegal. 

Upaya-upaya tersebut memang sangat dibutuhkan oleh pengguna internet, seperti kita ini contohnya.

Supaya lebih jelas lagi, yuk kita sama-sama mengenali lebih lanjut tentang topik ini mulai dari pengertian hingga apa saja manfaat cyber security ini!

Apa sih Cyber Security itu?

Secara harfiah, pengertian dari cyber security ialah teknologi, proses, dan praktik, yang diciptakan untuk memproteksi jaringan, komputer, program, dan data penggunanya dari ancaman berbahaya seperti serangan, kerusakan, atau akses yang tidak aman. 

Sederhananya, fitur ini memang dirancang untuk melindungi data dan informasi pribadi dari yang namanya ancaman cyber atau cyber attack.

Lalu apa cyber attack itu sendiri? dalam sistem informasi, ancaman siber adalah segala jenis tindakan yang secara sengaja dilakukan untuk mengganggu privasi (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi.

Perusahaan yang bertransformasi dari data berbasis digital sangat disarankan untuk memperhatikan dan menggunakan fitur cyber security dalam menyimpan, mengakses, dan mengambil informasi penting. 

Sebagian besar perusahaan dan instansi pemerintah mempunyai kebutuhan yang tinggi untuk selalu melindungi informasi dan data yang merupakan aset berharga mereka.

Tentu Anda tidak menginginkan jika suatu saat aset berharga berupa data dan informasi pribadi bocor akibat tidak adanya perlindungan mumpuni pada jaringan yang Anda gunakan, bukan? Maka disinilah tugas cyber security dibutuhkan.

Simak Juga:: Fidelis Network Indonesia, Solusi Tepat Keamanan Siber

Konsep Cyber Security

Cyber security mempunyai landasan pada praktik untuk memastikan kerahasiaan atau confidentiality, integritas atau integrity, dan ketersediaan informasi atau availability. Ketiga poin inilah yang dikenal dengan CIA Triad.

CIA Triad ini merupakan model keamanan yang diciptakan untuk membantu manusia memikirkan beragam bagian keamanan teknologi informasi. Nah, model inilah yang menjadi awal mula dari konsep cyber security.

Kerahasiaan (Confidentiality)

Konsep siber yang pertama yang digunakan mulai dari komputer maupun website ialah confidentiality. Sesuai namanya konsep kerahasiaan ini merupakan upaya untuk merahasiakan atau menyimpan data.

Salah satu cara kerjanya dengan membatasi wewenang akses. Contohnya, hanya karyawan bagian keuangan yang mempunyai akses ke database penggajian perusahaan. Di luar itu, karyawan yang tidak berwenang hanya bisa mengakses struktur perusahaan yang berisikan nama dan jabatan saja.

Integritas (Integrity)

Pada bidang teknologi dan informasi, integritas bermakna suatu usaha untuk memberikan data yang konsisten, akurat, dan terpercaya. Sederhananya begini, Anda seorang pemilik bisnis online, agar calon konsumen percaya pada integritas toko Anda, maka Anda harus menyuguhkan informasi produk yang rinci dan jelas serta cantuman harga yang sesuai.

Selain itu, Anda diwajibkan untuk menjaga data konsumen dengan sebaik mungkin. Tentu Anda tidak menginginkan terjadinya kebocoran data yang merugikan konsumen. 

Ini adalah cara menjaga integritas data diantaranya dengan enkripsi, tanda tangan digital, hingga certificate authority (CA) digital. CA semacam SSL/TLS berfungsi untuk verifikasi identitas pengguna web.

Ketersediaan (Availability) Informasi

Konsep terakhir dari CIA Triad adalah availability yang mengacu pada ketersediaan data Anda. Di bidang bisnis, tersedianya sistem, aplikasi dan data yang dapat diakses konsumen adalah suatu keharusan.

Contoh pada pengguna m-banking harus bertransaksi tiba-tiba. Namun, ketika akan membayar, aplikasi mendadak down. Hal tersebut akan menjadikan penurunan kepercayaan konsumen terhadap bank yang digunakan.

Simak juga:: Berikut 7 Cara Meningkatkan Keamanan Jaringan Komputer

3 Jenis Ancaman Cyber

Pixabay.com

Nah, berikut di bawah ini tiga jenis ancaman cyber yang harus Anda ketahui!

Cyber Crime

Salah satu peran penting dari cyber security adalah untuk mencegah cyber crime. Cyber crime merupakan kejahatan digital  yang menyerang sistem komputer. Pelaku melakukan akses ilegal, transmisi ilegal, hingga manipulasi data untuk tujuan tertentu. Contohnya, seperti membuat gangguan dan mencari keuntungan finansial.

Cyber Attack

Target sasaran cyber crime bisa menyerang siapa saja, sedangkan cyber attack ini biasanya hanya khusus ditujukan untuk kepentingan politik saja. Aktivitas ini berupaya untuk mengumpulkan informasi, mencuri data, hingga mengambil alih sistem target.

Cyber Terorism

Ancaman cyber terakhir ini mengacu pada upaya mengancam, provokasi, atau intimidasi melalui sistem komputer. Aktivitas yang satu ini dianggap cukup berbahaya karena menyebabkan ketakutan dalam skala besar.

Simak Juga:: Rapid Application Development Indonesia untuk Aplikasi Digital

Jenis Cyber Security

Ada kurang-lebih 3 jenis cyber security, di antaranya adalah sebagai berikut:

Cloud Security

Aktivitas ini meliputi layanan, teknologi, sampai kebijakan yang berkaitan dengan cloud security untuk melindungi data Anda. Cloud security menggunakan firewall, two factor authentication, hingga enkripsi data.

Network Security

Saat lalu lintas semakin padat dengan pengguna yang kian banyak, maka Anda perlu menaikkan keamanan jaringan atau network security. Fungsinya untuk melindungi aset penting serta jaringan lalu lintas data agar terhindar dari pencurian data.

Application Security

Kini kian banyak perusahaan yang mengandalkan aplikasi untuk menunjang bisnisnya supaya konsumen mudah mengakses produk mereka. 

Namun, Anda harus tetap waspada terhadap cyber crime dengan membiasakan diri menggunakan cara seperti autentifikasi. Selain itu, pakai password huruf dan angka, sidik jari, hingga pengenalan wajah.

Simak Juga:: Pentingnya Kebutuhan Standar Keamanan Siber untuk Organisasi

Peran Penting Cyber Security

Peran Penting Cyber Security
Pixabay.com

Mungkinkah Anda kini bertanya-tanya jadi apa peran penting cyber security itu? berikut ini ulasan lengkapnya!

Salah satu peran utama yang dimiliki cyber security adalah untuk memproteksi data dan informasi Anda dari upaya pencurian dan kerusakan yang dialami data.

Mulai dari data-data yang berisi informasi sensitif, informasi data pribadi, kesehatan yang dilindungi, kekayaan intelektual, hingga sistem informasi pemerintah dan industri.

Tanpa adanya cyber security, baik perseorangan, organisasi, hingga perusahaan sekalipun tidak akan bisa melindungi diri dari berbagai penyalahgunaan data.

Nah, tunggu apalagi segera konsultasikan kebutuhan Anda agar terhindar dari kejahatan digital dengan menggunakan jasa akurat dan terpercaya yang telah berpengalaman di bidangnya. Apalagi kalau bukan Deltadata Mandiri!

Demikianlah ulasan penting mengenai peranan cyber security. Segera amankan data pribadi maupun perusahaan Anda bersama Deltadata Mandiri agar terhindar dari berbagai ancaman yang membahayakan aset Anda!

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com