Endpoint Security: Proteksi Keamanan dalam Keberlangsungan Bisnis

January 29, 2024
Danar

Serangan siber merupakan salah satu bentuk kejahatan yang perlu Anda waspadai, terlebih bagi Anda yang saat ini bergerak pada bidang bisnis.

Karena umumnya, serangan siber sering mengancam perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil.

Sehingga penting bagi Anda untuk mengenal endpoint security sebagai upaya mengamankan aneka jenis perangkat endpoint pada jaringan bisnis Anda.

Mengenal Apa Itu Endpoint Security?

Endpoint security atau keamanan endpoint merupakan tindakan yang dapat Anda lakukan untuk memberikan keamanan dan perlindungan terhadap perangkat pengguna akhir.

Beberapa perangkat endpoint adalah yang berada dalam jaringan bisnis seperti perangkat komputasi, laptop, desktop, perangkat mobile, hingga printer dan lain-lain.

Perangkat-perangkat tersebut harus Anda amankan dari segala bentuk serangan siber.

Karena tidak jarang serangan siber saat ini banyak yang mengincar untuk melakukan kejahatan pada perangkat jaringan bisnis.

Dengan endpoint security, Anda dapat mengatasi risiko-risiko dari serangan siber terhadap perangkat yang terhubung ke jaringan.

Seperti mengamankan berbagai informasi sensitif, mengamankan proses, dan data yang disimpan dan dikirimkan menggunakan perangkat-perangkat tersebut.

Itulah mengapa, penerapan endpoint security memiliki peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan bisnis Anda.

Simak Juga:: Kenali Elemen dan Fungsi Cyber Security untuk Keamanan Bisnis

Fungsi Endpoint Security Dalam Bisnis   

Mengingat saat ini serangan siber semakin hari semakin merajalela, maka sudah seharusnya Anda meningkatkan proteksi atau keamanan dari ancaman tersebut. Salah satunya dengan penerapan endpoint security.

Berikut beberapa fungsi endpoint security dalam menunjang keberlangsungan bisnis.

1. Memberikan Perlindungan Berlapis

Penerapan endpoint security tidak hanya terfokus pada perlindungan permukaan saja, melainkan terdapat perlindungan yang berlapis. Sehingga database perusahaan akan aman dari ancaman serangan siber.

Menariknya lagi, segala proses upaya pengamanan melalui endpoint security pada perangkat bisnis Anda tidak akan mempengaruhi performa dan sistem yang sudah berjalan.

2. Meningkatkan Produktivitas

Apabila seluruh perangkat bisnis yang terhubung dengan jaringan dapat bekerja dengan maksimal, maka tentu akan berbanding lurus dengan meningkatnya produktivitas kinerja.

Karena apabila perangkat terkena serangan siber, maka kemungkinan besar perangkat tersebut tidak bisa Anda gunakan dulu hingga proses pemulihan selesai.

3. Sebagai Antisipasi Serangan Perangkat

Serangan pada perangkat endpoint memang menjadi salah satu serangan siber yang paling banyak dilakukan. Karena umumnya, perangkat-perangkat tersebut memiliki kualitas keamanan yang rendah.

Dengan endpoint security, maka setiap akses yang asing atau tidak berizin akan mudah untuk terdeteksi.

Sehingga segala bentuk data dan informasi penting yang berkaitan dengan bisnis dan perusahaan dapat tetap terjaga dan aman dari serangan siber.

4. Menjaga Kredibilitas Perusahaan

Serangan siber terhadap perangkat bisnis Anda biasanya mengarah pada pencurian data dan informasi. Kemudian data tersebut disalahgunakan seperti adanya jual beli data dan informasi sensitif seputar perusahaan.

Melakukan pengamanan terhadap data dan informasi tentu akan menjaga kredibilitas perusahaan. Karena dengan demikian, perusahaan dianggap mampu mengelola bisnis dengan baik dan benar.

Dalam melindungi perusahaan dari segala bentuk serangan siber khususnya serangan terhadap perangkat bisnis, endpoint security memiliki cara kerjanya tersendiri.

Simak Juga:: Kenali Apa itu DevOps: Mengapa dibutuhkan dan Bagaimana

Cara Kerja Endpoint Security

Setiap perlindungan siber tentu memiliki cara kerjanya tersendiri, termasuk endpoint security. Endpoint security bekerja dengan cara memberikan izin terhadap administrator untuk mengontrol keamanan, sesuai dengan pengaturan kebijakan.

Misalnya, tim admin memblokir akses terhadap situs web yang terdeteksi dapat menyebarkan malware dan segala bentuk konten yang membahayakan penggunanya. Tindakan pemblokiran tersebut tentu merupakan salah satu bentuk upaya dari bentuk perlindungan endpoint security.

Dalam penerapannya, biasanya solusi dari endpoint security mencakup beberapa komponen, seperti:

1. Perlindungan Anti Malware dan Anti-Virus

Perlindungan yang super canggih ini dapat mendeteksi, melindungi, hingga melakukan perbaikan malware secara cepat. Melalui penggunaan mesin dan sistem yang bekerja secara efisien di berbagai perangkat serta sistem operasi yang terhubung dengan jaringan.

2. Klasifikasi Tindakan Machine-Learning

Berkaitan dengan upaya mendeteksi segala bentuk ancaman serangan siber terhadap perangkat, dengan cara yang akurat dan waktu yang tepat.

3. Keamanan Web Proaktif

Contoh endpoint security ini adalah upaya memastikan bahwa kegiatan browsing melalui perangkat bisnis dapat berjalan dengan aman. Melalui perlindungan web serta adanya filter untuk perangkat endpoint.

4. Platform Manajemen Endpoint

Komponen endpoint security ini dapat membuat platform manajemen endpoint menjadi terpusat. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas teknologi informasi, memperkuat keamanan, menawarkan visibilitas yang lebih besar, hingga menyederhanakan sistem operasi.

Banyaknya fungsi dan manfaat dari penerapan endpoint security tentu merupakan sinyal bagi Anda untuk mulai aware untuk menerapkan sistem keamanan tersebut.

Untuk meningkatkan proteksi data, server, hingga perangkat, Anda bisa menggunakan layanan Deltadata Mandiri

Simak Juga:: Solusi dan Keunggulan BPMN 2.0 untuk Kemajuan Bisnis Anda

Proteksi Terbaik dari Serangan Siber  

Deltadata Mandiri menyediakan layanan terbaik bagi Anda yang ingin meningkatkan proteksi dari segala bentuk serangan siber.

Karena Deltadata Mandiri memiliki tim professional yang sudah berpengalaman pada transformasi digital.

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu apabila ingin mengenal endpoint security lebih jauh, karena Deltadata Mandiri akan siap membantu Anda dalam permasalahan proteksi keamanan dari serangan siber.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai endpoint security, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com