Kenali Elemen dan Fungsi Cyber Security untuk Keamanan Bisnis

January 18, 2024
Danar

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memang bagai dua sisi mata pisau. Di satu sisi Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan, namun di sisi lainnya juga bisa terkena dampak negative, misalnya adanya serangan cyber.

Untuk itu Anda perlu cyber security, fungsi cyber security salah satunya adalah untuk perlindungan data.

Terlebih lagi bagi Anda yang saat ini bergerak pada sektor bisnis yang telah menggunakan sistem digital.

Pastikan Anda mengetahui apa itu cyber security, dan apa saja fungsi dan manfaatnya untuk bisnis Anda.

Seputar Cyber Security

Pengertian cyber security atau keamanan siber merupakan praktik untuk melindungi perangkat, data, jaringan, hingga program dari ancaman kejahatan siber.

Umumnya, kejahatan siber ini dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan berbagai kepentingannya.

Serangan siber tidak melulu menyerang perusahaan-perusahaan besar, karena terkadang oknum tersebut menyerang perusahaan-perusahaan kecil dengan keamanan digitalnya yang belum propper.

Menurut pemaparan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), bahwa hingga April 2022 terdapat 100 juta kasus serangan siber di Indonesia. Jenis kejahatan tersebut didominasi oleh serangan ransomware dan malware.

Data tersebut tentu menjadi peringatan atau alarm bagi Anda untuk mulai aware dengan keamanan digital, baik untuk keamanan personal maupun perusahaan.

Terdapat beberapa elemen cyber security untuk melindungi data maupun perangkat yang Anda gunakan dalam perusahaan.

Simak Juga:: Kerja Efektif Dimasa Pendemic Bersama Platform Sengkuyung

Elemen dalam Cyber Security

Berikut beberapa elemen cyber security untuk melindungi dari segala bentuk serangan siber;

1. Information Security (Keamanan Informasi)

Elemen ini mengacu pada proses dan metode untuk keamanan informasi dari segala bentuk kejahatan siber. Seperti mencegah adanya akses illegal, modifikasi, hingga penghancuran informasi yang tidak sah.

Contoh informasinya seperti informasi pribadi, perusahaan, data rekening, detail jaringan, kredensial log in, email, dan lain-lain.

2. Application Security (Keamanan Aplikasi)

Cara kerja cyber security ini adalah dengan meningkatkan keamanan dalam aplikasi sebagai upaya untuk mencegah segala bentuk serangan siber. Ancaman paling umum terhadap software atau aplikasi adalah enkripsi, input validation, otorisasi dan manajemen sesi.

3. Operational Security (Keamanan Operasional)

Operational security secara umum merupakan elemen yang berkaitan dengan banyak hal. Serangan siber akan memiliki celah ketika sebuah sistem sedang bekerja, dalam hal ini hal operational security akan bekerja untuk memastikan serangan siber tersebut tidak terjadi.

4. Network Security (Keamanan Jaringan)

Tindakan keamanan terhadap jaringan merupakan contoh dari cyber security yang satu ini. Jaringan komunikasi merupakan salah satu elemen yang rentan terkena serangan siber. Network security juga berperan dalam memastikan bahwa jaringan telah aman digunakan untuk pertukaran data.

5. Cloud Security (Keamanan Cloud)

Elemen ini berkaitan dengan tindakan untuk melindungi keamanan data yang tersimpan di cloud. Misalnya keamanan agar terhindar dari pembajakan traffic layanan, pembajakan hingga penyalahgunaan data.

6. End-User Education (Edukasi Pengguna)

Dalam keamanan siber, elemen end-user education merupakan elemen yang terpenting. Karena para pengguna teknologi ataupun internet yang tidak memiliki edukasi terkait keamanan siber, akan menjadi risiko terbesar dari ancaman siber.

Dengan menerapkan elemen-elemen cyber security tersebut maka secara tidak langsung Anda juga sedang menyelamatkan kelangsungan bisnis Anda.

Simak Juga:: Berikut 8 Cara Mengatasi Cyber Crime Yang Bisa Dilakukan

Fungsi dan Manfaat Cyber Security Untuk Kelangsungan Bisnis

Berikut beberapa manfaat dari penerapan cyber security bagi keberlangsungan bisnis Anda:

1. Meningkatkan Keamanan Data Perusahaan

Fungsi yang pertama dari cyber security adalah untuk pengamanan data perusahaan. Setiap perusahaan tentu memiliki data sensitive, sehingga tidak boleh diakses oleh sembarang pihak. Dengan adanya cyber security, maka setiap data perusahaan lebih aman dari serangan siber.

2. Melindungi Informasi Pribadi

Cyber security dapat memberikan perlindungan terhadap informasi personal bagi siapapun yang terlibat dalam perusahaan, baik informasi seputar karyawan maupun informasi pelanggan. Sehingga data personal tersebut akan aman dari penyalahgunaan data, seperti jual beli data personal.

3. Menjaga Produktivitas

Adanya serangan siber tentu akan berpengaruh pada produktivitas dan kinerja perusahaan. Misalnya, terdapat virus pada komputer sehingga kinerjanya menjadi tidak maksimal.

Untuk itu, cyber security secara tidak langsung dapat membantu untuk menjaga bahkan meningkatkan produktivitas perusahaan.

4. Mencegah Terjadinya Adware

Adware merupakan salah satu bentuk virus komputer, yaitu memenuhi komputer dengan iklan. Tentu hal tersebut dapat mengganggu kinerja dan produktivitas. Bahkan apabila Anda tidak sengaja klik iklan tersebut, maka akan muncul virus-virus lainnya pada komputer. 

5. Menjamin Keamanan Website Perusahaan

Dalam sebuah bisnis, website menjadi alat vital sehingga penting bagi perusahaan untuk senantiasa menjaga keamanan website. Cyber security dapat membantu untuk mengurangi risiko terjadinya serangan siber pada website.

6. Memberikan Solusi Komprehensif

Idealnya, cyber security dapat menjadi solusi dari segala bentuk serangan siber. Sehingga permasalahan ancaman siber pun dapat terkendali. Umumnya, cyber security menyertakan anti-virus, anti-spam, firewell, wireless security, hingga penyaringan konten online.

Untuk itu, pastikan Anda mempercayakan pihak pengelola cyber security yang kredibel seperti Deltadata Mandiri.

Dengan tim yang profesional dan berpengalaman dalam bidang transformasi digital, Deltadata Mandiri dapat membantu Anda untuk terhindari dari segala bentuk serangan siber, melalui cyber security.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com

Simak Juga:: Peran Penting Cyber Security dalam Melindungi Data dan Privasi