Berikut 8 Cara Mengatasi Cyber Crime Yang Bisa Dilakukan

February 15, 2024
Danar

Kejahatan digital atau juga dikenal dengan cyber crime merupakan tindak kriminal yang kini semakin banyak terjadi.

Ancaman yang berbahaya seperti penyalahgunaan data yang terekam di platform digital pun turut menghantui.

Sebanding dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi, penanganan untuk mengatasi cyber crime ini pun juga kian bervariasi.

Kenali Apa itu Cyber Crime

Kecanggihan teknologi di masa sekarang telah membawa banyak dampak positif untuk masyarakat modern.

Banyak kemudahan yang turut dirasakan akibat hadirnya beragam perangkat, semacam internet. 

Masyarakat banyak memanfaatkan teknologi satu ini untuk menunjang hidup seperti bekerja, sekolah, berkomunikasi, bertransaksi, atau untuk menikmati hiburan semata.

Namun, di balik kemudahan yang disuguhkan ternyata masih terdapat celah yang kita ketahui sebagai cyber crime.

Cyber crime ialah metode kejahatan di dunia maya yang dilakukan melalui komputer dan jaringan komputer. Jenis kejahatan ini umumnya memerlukan koneksi internet agar dapat terkoneksi dengan target yang dituju.

Berikut di bawah ini beberapa jenis cyber crime yang marak terjadi di Indonesia:

  • Peretasan dan pengambil alihan akun milik orang lain.
  • Pembajakan website.
  • Penyerangan guna melemahkan website tertentu, khususnya situs finansial dan perbankan.
  • Penyebaran virus untuk mengintimidasi korban atau merusak data-data penting yang dimiliki.

Banyaknya contoh kasus cyber crime tentu menjadikan Anda untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan pencegahan serta cara mengatasi cyber crime ini sendiri.

Simak Juga:: Peran Penting Cyber Security dalam Melindungi Data dan Privasi

Bagaimana Cara Mengatasi Cyber Crime?

Bagaimana Cara Mengatasi Cyber Crime?
Pixabay.com

Ada banyak cara mengatasi cyber crime yang bisa Anda lakukan sedari sekarang. Sebab banyaknya metode cyber crime yang dilakukan pelaku menjadikan Anda juga perlu mengetahui berbagai upaya untuk mengatasinya.

Nah apa saja upaya yang harus Anda ketahui? Berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Melaporkan Email dan Situs Web Phising

Upaya mengatasi cyber crime adalah untuk melindungi data Anda dari penyalahgunaan yang tidak diinginkan. C

ara pertama yang bisa Anda lakukan dengan langsung melaporkan email serta tautan yang nampak mencurigakan.

Salah satu contoh kejahatan digital yang paling umum adalah phising. Phising merupakan kejahatan di mana pelaku mengirimkan tautan yang jika Anda klik akan memudahkan si pelaku mencuri berbagai data dan informasi penting yang Anda miliki. 

Biasanya, korban akan menerima email atau jenis pesan serupa dari sumber tidak dikenal namun cukup meyakinkan, sehingga penerima mengetuk tautan yang dibagi.

Nah, laporkan saja email beserta link kepada berbagai pihak penyedia layanan email. Selain itu, Anda juga bisa mengadukan ke lembaga terkait yang namanya tercatat di dalam phising tersebut.

2. Mengubah Kata Sandi

Seperti tak kehabisan akal, pelaku kejahatan selalu punya cara untuk bisa membobol password yang Anda miliki. Maka dari itu, setiap membuat atau mengubah sandi selalu disarankan untuk memakai kombinasi yang kuat serta unik dan sulit ditebak. 

Selain itu, pastikan Anda mengubah sandi secara berkala dan menggunakan sandi yang berbeda dari satu akun dengan yang lainnya.

Jika tiba-tiba Anda mendapat pemberitahuan percobaan akses masuk dari akun yang Anda miliki tanpa sepengetahuan, segera tolak permintaan tersebut. Kemudian sesegera mungkin untuk mengubah kata sandinya.

3. Memasang Anti Virus

Antivirus ialah suatu program yang dirancang untuk mendeteksi dan menghapus bersih sistem komputer dari berbagai ancaman cyber crime. Anda disarankan untuk memasang antivirus yang memang mempunyai fitur lengkap seperti anti malware, anti ransomware, dan sebagainya.

Saat Anda merasa ada yang berbeda dari perangkat Anda, segera membuka program antivirus yang terinstall di komputer Anda dan mulailah melakukan pengecekan. Apabila terjadi cyber crime, biasanya antivirus akan langsung mengatasinya.

4. Melakukan Update

Pelaku cyber crime kebanyakan bakal menargetkan kelemahan sistem dari perangkat yang Anda gunakan. Sebab itu, biasakan untuk segera memperbarui sistem perangkat Anda apabila ada notifikasi upgrade yang masuk secara berkala. 

Provider aplikasi pasti secara otomatis memberikan update yang akan memperkuat pertahanan perangkat Anda.

5. Membackup Data

Membackup atau mencadangkan data menjadi suatu kewajiban yang harus Anda lakukan sesering mungkin. Jangan sampai lupa untuk selalu menyimpan salinan data yang Anda miliki di lokasi yang aman. 

Contohnya seperti drive eksternal dengan kapasitas yang cukup dan tidak terkoneksi dengan jaringan atau perangkat lain.

Jika Anda mendapatkan serangan cyber crime semacam ransomware, maka data yang Anda simpan di Cloud sekalipun dengan mudah dienkripsi oleh pelaku. Maka dari itu, penting sekali untuk selalu menyimpan salinan data di lokasi yang aman agar Anda tidak akan kehilangan data saat mengalami ancaman cyber crime.

6. Menerapkan Konsep 2-Factor Authentication (2-FA)

2-FA merupakan salah satu teknik keamanan yang memungkinkan website untuk verifikasi pengguna dengan kode bersifat real time, yakni dikirim dalam waktu bersamaan. 

Konsep 2-FA telah banyak dipakai oleh teknologi kelas dunia seperti Google dan Facebook. Website dengan konsep 2-FA tidak hanya mengharuskan penggunanya menyertakan username dan kata sandi saja, sekaligus dengan kode OTP yang dikirim melalui SMS atau email.

7. Aktifkan Data Encryption

Fungsi dari data encryption yaitu untuk memproteksi data-data penting. Anda harus mengaktifkan data encryption ini pada jaringan lokal seperti LAN atau nirkabel di rumah dan kantor. Aktivasi fitur ini bakal menghadang akses yang berstatus tidak sah serta bisa meminimalisir risiko penyadapan teks.

8. Pakai Hosting yang Aman

Selalu cermati layanan hosting yang Anda gunakan, pastikan website yang Anda pilih benar-benar aman. Kebanyakan layanan hosting terpercaya akan dibekali sistem perlindungan khusus untuk melindungi data dari serangan malware. Proteksi inilah yang akan menjadikan data-data situs Anda tidak gampang dibobol dan disalahgunakan pelaku cyber crime.

Simak Juga:: Pahami Data Security Yang Bermanfaat Untuk Keamanan Data Perusahaan

Penutup

Nah, itu tadi macam-macam cyber crime dan cara mengatasinya. Anda kini tentu tidak perlu repot-repot memikirkan cara teraman untuk melindungi data Anda dari pelaku cyber crime.

Mengapa? Sekarang Anda bisa memercayakan masalah keamanan perangkat Anda kepada Deltadata Mandiri yang telah berpengalaman di bidangnya!

Demikian pembahasan seputar upaya mengatasi cyber crime. Melakukan cara-cara yang disebutkan di atas akan sangat berdampak baik pada keamanan data yang Anda miliki dari kejahatan pelaku cyber crime di luar sana. 

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com

Simak Juga:: Endpoint Security: Proteksi Keamanan dalam Keberlangsungan Bisnis