Ketahui Bagaimana Menerapkan Keamanan Data Pada Website

June 28, 2023

Keamanan data adalah hal yang harus dijaga di era digital seperti ini. Sebab, tidak menutup kemungkinan bahwa data-data yang tersimpan secara digital tersebut bisa saja jatuh ke orang yang tak bertanggung jawab. Oleh karena itu, penting untuk Anda untuk mengetahui bagaimana menerapkan keamanan data pada website.

Tentunya ada alasan lebih jauh mengapa keamanan data ini penting. Dari kejahatan siber tersebut, pastinya data seseorang akan bisa menjadi korban untuk kejahatan siber.

Mulai dari penyalahgunaan data, penjualan data, penipuan, hingga pencurian akun. Tentunya, siapa yang menginginkan hal tersebut akan terjadi?

Risiko tersebut nyatanya memang akan selalu ada. Namun, tentunya kemungkinan tersebut akan bisa terminimalisir apabila sebuah situs web memiliki tingkat keamanan data yang tinggi.

Kalau Anda adalah pemilik dari sebuah situs web atau ingin meningkatkan keamanan data website, maka jangan lewatkan artikel ini.

Pengertian Keamanan Data

Pertama, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu keamanan data. 

Dalam hal internet, data sendiri merupakan segala sesuatu yang menyimpan informasi terkait berbagai hal. Semua ini tersimpan dalam basis data besar dalam sebuah server situs web. Data ini bisa menyangkut berbagai informasi penting yang mendukung keberlangsungan web tersebut.

Dari sekian banyak data yang ada, tentu ada data yang tergolong penting dan jangan sampai jatuh ke tangan orang lain.

Salah satunya adalah informasi pribadi dari seseorang. Selain itu, masih banyak lagi data-data penting lainnya.

Semua hal tersebut pastinya harus terlindungi dengan sistem keamanan yang maksimal.

Dari penjabaran umum terkait data ini, setidaknya Anda sudah bisa mengambil kesimpulan.

Yang mana, keamanan data sendiri bisa Anda artikan sebagai sebuah cara yang dilakukan agar informasi digital tersebut bisa terlindungi. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai macam metode.

Simak Juga:: Ketahui Apa Saja Jenis-Jenis Keamanan Data, Penting Untuk Dipahami

Cara Menerapkan Keamanan Data Pada Website

Sekarang, mari Anda ketahui beberapa upaya yang bisa Anda terapkan pada situs web agar keamanan datanya bisa lebih maksimal lagi.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan : 

1. Meningkatkan Manajemen Akses Website

Manajemen akses pada situs web Anda adalah sebuah hal yang bisa Anda terapkan untuk membuat data bisa lebih aman. Otorisasi ini memungkinkan agar hanya orang tertentu saja yang bisa benar-benar masuk ke sistem database sebuah situs web.

Setidaknya, jenis-jenis keamanan website yang bisa jadi prioritas Anda terkait dengan manajemen akses pada situs web ini. Mulai dari kontrol akses, autentikasi, maupun otorisasi.

Dengan menerapkan manajemen akses pada situs web, tentunya lapisan keamanan situs web Anda akan lebih 'tebal'. Ini menjadi sebuah cara melindungi website dari serangan hacker yang efektif.

2. Membuat Kata Sandi yang Kuat

Kata sandi yang rumit merupakan basis pertahanan pertama yang bisa Anda terapkan untuk melindungi situs web.

Jangan menggunakan password yang sekiranya mudah untuk orang lain menebaknya. Gunakan gabungan simbol, angka, serta kapitalisasi huruf agar lebih sulit untuk ditembus.

3. Melihat Reputasi Jasa Hosting

Jasa hosting memang menjadi sebuah pemeran utama ketika Anda membuat situs web. Sebab, hosting inilah yang membuat situs web Anda bisa beroperasi. Namun, pastikan agar menyewa hosting yang benar-benar terpercaya.

Jangan tergiur dengan penyedia jasa hosting dengan harga terjangkau. Tetapi, lihatlah bagaimana kualitas serta reputasinya selama ini.

Tak apa Anda menyewa jasa hosting sedikit lebih mahal, namun setidaknya situs web Anda bisa lebih terminimalisir dari potensi kejahatan siber.

4. Senantiasa Melakukan Pembaharuan Pada Situs Web

Selalu pastikan untuk memantau situs web Anda secara berkala. Hal ini juga akan membuat Anda lebih memiliki perhatian akan keamanannya.

Sebagai contoh, Anda tentunya harus selalu melakukan upadate pada CMS website untuk menghindari berbagai metode peretasan.

Selain itu, perhatikan pula bagaimana konfigurasi dari situs web Anda. Pastikan Anda memakai pengaturan yang sesuai.

5. Menggunakan Secure Sockets Layer (SSL)

SSL adalah kunci keamanan yang bisa membuat segala aktivitas permintaan dan pelayanan data bisa semakin terlindungi. Sebab, SSL bisa memberikan enkripsi terhadap aktivitas data yang ada pada situs web Anda. 

6. Melakukan Backup

Pencadangan data adalah hal yang sangat penting untuk berjaga-jaga bila data tersebut tercuri. Sehingga, Anda setidaknya bisa memiliki salinan kalau suatu saat memang Anda mengalami kejahatan siber pada situs web.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan backup ini secara berkala. Apalagi kalau situs web Anda memiliki aktivitas yang tergolong tinggi.

Itu dia beberapa cara mengenai bagaimana menerapkan keamanan data pada website. Segala hal tersebut tentunya sangat berguna untuk melindungi situs web Anda.

Sebagai rekomendasi, Anda juga bisa menggunakan service dari Deltadata Mandiri untuk meningkatkan keamanan situs web Anda. 

Yang mana, Deltadata Mandiri ini memberikan berbagai layanan yang sangat membantu. Mulai dari penyimpanan cloud, layanan pembuatan aplikasi, analisis data, hingga layanan keamanan siber. Tertarik? Anda bisa menghubungi kontak kami.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com

Simak Juga:: Kunci Sukses Organisasi Dengan Enterprise Architecture