Ketahui Pengertian dari Network Security, Manfaat dan Jenisnya

January 15, 2024
Danar

Penggunaan internet memang terbukti sangat membantu pekerjaan kantor maupun kampus. Mengolah dan membagikan banyak data via internet menjadikan network security memiliki peran yang urgen demi proteksi segala aktivitas internet Anda.

Membahas tentang network security tidak akan jauh dari jenis proteksi terhadap berbagai ancaman keamanan data. Di artikel ini Anda akan menyimak ulasan mengenai pengertian, jenis, hingga manfaat dari network security. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Network Security

Network security adalah bentuk strategi pertahanan dalam rangka pengamanan data dan berbagai sumber daya di seluruh jaringan. Apa sebenarnya network security lindungi? Komponen utama dari data yang butuh perlindungan terkait kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data.

Untuk setiap jaringan perusahaan maupun organisasi mana saja tergolong aman ketika ketiga komponen tersebut terpenuhi. Karena ketiganya merupakan standar kebijakan keamanan jaringan.

Semakin kompleks suatu sistem jaringan maka data akan lebih rentan diretas oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Sistem network security terdiri dari seperangkat alat hardware maupun software

Strategi computer network security yang efektif menggunakan berbagai lini pertahanan yang dapat diskalakan dan otomatis. Setiap lapisan pertahanan memberlakukan serangkaian kebijakan keamanan yang tertentu oleh administrator.

Selain itu, software atau aplikasi pendukung network security umumnya dapat ter-virtualisasi dan dapat terdistribusi ke banyak spot atau lokasi.  Melalui pertimbangan jumlah serangan terhadap perusahaan yang semakin tinggi, maka melindungi lalu lintas network dan infrastruktur sangatlah penting.

Simak Juga:: Apa Itu Fixed Asset dan Mengapa Penting untuk Perusahaan

Tipe Proteksi dari Network Security

Ada banyak pilihan tipe alat keamanan jaringan yang bisa Anda coba. Tentu saja ada yang tingkat proteksinya rendah dan ada pula yang tinggi dengan keamanan berlapis. Berikut beberapa tipe network security software yang umum digunakan.

1. Firewall

Firewall mampu mengontrol lalu lintas masuk dan keluar di jaringan. Dengan kontrol yang baik, firewall akan mencegah traffic yang beresiko menjadi ancaman terhadap sistem. Firewall versi baru juga sudah mulai fokus pada pemblokiran malware dan serangan aplikasi tertentu.

2. Antivirus dan Antimalware

Kedua software ini bisa Anda andalkan sebagai alat network security. Software tersebut mampu mendeteksi, mencegah, menghapus virus dan malware agar tidak sampai menginfeksi komputer akibat jaringan yang tidak aman.

3. Application Security

Tipe network security yang satu ini berupa rangkaian prosedur yang mampu menemukan, mencegah, memperbaiki resiko tinggi yang mengancam keamanan perangkat. 

Tanpa application Security, aplikasi rentan diakses penyerang. Tipe keamanan ini meliputi keamanan perangkat keras, perangkat lunak, dan sebagainya.

4. Data Loss Prevention (DLP)

Network security devices seperti DLP mampu memantau data yang bergerak, diam, maupun yang sedang digunakan. Mampu mendeteksi serta mencegah pelanggaran data. 

Mengklasifikasikan data penting dan data yang beresiko. Data Loss Prevention mencegah karyawan membagikan data di luar jaringan yang sudah ditentukan perusahaan. Serta menjamin transmisi data tetap aman.

5. Virtual Private Network (VPN)

VPN menyediakan jalur traffic internet tetap aman. Memastikan semua data yang masuk maupun terkirim tetap terlindungi. Saat Anda sebagai karyawan bekerja dengan jaringan yang tidak aman maka data perusahaan beresiko mendapat serangan. Beda halnya dengan penggunaan VPN yang menjamin keamanan jaringan.

6. Email Security

Email Security berupa proses dan layanan untuk mengamankan akun email dan konten email dari segala ancaman eksternal. Sebenarnya kebanyakan layanan email telah memiliki fitur keamanan bawaan. 

Hanya saja, fitur keamanan tersebut tidak cukup kuat untuk menghalangi kejahatan cyber yang mampu mengakses seluruh informasi Anda termasuk email Anda.

Simak Juga:: Apa Itu Aplikasi Asset Management Dan Apa Saja Fungsi Dan Tahapannya

Manfaat Network Security

Sebenarnya Anda sudah tahu fungsi utama dari network security, namun untuk detail manfaat yang bisa Anda peroleh, berikut daftarnya.

  • Network security memastikan jaringan perusahaan bisnis Anda dapat bekerja secara optimal tanpa perlu khawatir adanya resiko serangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Memastikan data atau file perusahaan terjaga kerahasiaannya, integritas, dan menjamin ketersediaan data pada jaringan perusahaan. 
  • Mencegah terjadinya pelanggaran keamanan jaringan yang dapat membeberkan informasi atau data penting yang mampu menyebabkan kerugian pada perusahaan.
  • Memberi perlindungan kekayaan intelektual yang membuat perusahaan mampu bertahan di tengah persaingan. Kekayaan intelektual terkait produk, layanan, dan strategi bisnis terjamin keamanannya.

Saat ini tidak sulit untuk menemukan penyedia layanan network security untuk menjamin keamanan data perusahaan Anda.

Salah satu yang profesional dan punya banyak pengalaman yaitu Deltadata Mandiri yang sudah membantu banyak perusahaan-perusahaan besar dalam mengatasi kejahatan cyber.

Mengetahui banyak hal tentang network security pastinya menyadarkan Anda bahwa hal ini tidak bisa lagi dianggap sepele. Jangan sampai perusahaan Anda menjadi korban peretasan yang bakal merugikan perusahaan. Percayakan keamanan jaringan perusahaan Anda pada Deltadata Mandiri.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com

Simak Juga:: Peran Penting Cyber Security dalam Melindungi Data dan Privasi