Manfaat Menggunakan Cloud Storage yang Perlu Anda Ketahui

March 15, 2024
Danar

Cloud storage memberikan pengguna kemudahan untuk mengakses file dan berbagi file secara langsung tanpa perlu ribet masuk ke penyimpanan data terlebih dahulu. Itu hanya salah satu dari sekian banyak manfaat menggunakan cloud storage.

Di artikel kali ini Anda akan mengeksplor semua benefit yang bisa Anda peroleh dari cloud storage. Kemudahan mengakses penyimpanan tentu membuat kerja Anda lebih efisien dan lebih cepat. Bagi Anda yang ingin mengefektifkan layanan ini bisa menyimak penjelasan lengkapnya hanya di sini.

Sekilas Tentang Cloud Storage

Bagi Anda yang baru mendengar istilah cloud storage dan bertanya-tanya tentang apa itu cloud storage? Jawabnya tidak lain, Cloud storage merupakan model komputasi penyimpanan data di internet yang bisa pengguna akses di berbagai perangkat selama terkoneksi dengan jaringan internet. 

Cloud storage memastikan Anda bisa mengakses data saat Anda membutuhkannya dengan skala dan kapasitas yang besar. Jadi, Anda bisa mengakses data dan file di manapun dan kapanpun.

Cloud storage mentransmisikan dan menyimpan data semua pengguna pada sistem jarak jauh. Sistem Cloud menyimpan, memelihara, mengelola, dan mencadangkan, dan selalu siap pengguna gunakan melalui jaringan internet. 

Cloud storage terdapat pula dalam versi berbayar yang mengenakan tarif buat pengguna untuk penggunaan bulanan.

Simak Juga:: Cari Tahu Apa Itu Ransomware? Cara Kerja dan Pencegahannya

Manfaat Cloud Storage yang Wajib Anda Ketahui

manfaat cloud storage
Sumber: unsplash 

Walaupun fitur ini hanya berupa sistem penyimpanan, tapi manfaatnya bisa lebih dari sekedar itu. Ada banyak kelebihan cloud storage yang bisa Anda peroleh seperti:

1. Aksesibilitas 

Layanan cloud storage hadir dengan tampilan interface yang mudah dengan fitur drag and drop yang semakin memudahkan penggunaan. Contoh cloud storage yaitu Google Drive dari Google atau iDrive dari Apple. 

Keduanya punya interface yang sederhana sehingga Anda bisa lebih mudah mengunggah hingga mengunduh file ke Drive online. Aksesibilitas semakin mudah karena file bisa  Anda akses melalui gadget apapun secara online.

2. Keamanan Lebih Terjamin

Sistem dan cara kerja cloud storage telah mempertimbangkan keamanan data sebagai prioritas utama. Data Anda tersimpan di beberapa server sebagai cadangan. Jadi, ketika terjadi masalah pada server utama maka data Anda akan melalui pengelolaan oleh server yang lain. 

Kemungkinan data untuk hilang sangat kecil karena sistem layanan cloud storage terbentuk dari ribuan pusat data.

3. Hemat Biaya

Perusahaan pengguna layanan cloud storage memecahkan masalah penyimpanan data. Perusahaan bisa lebih hemat biaya sumber daya internal dengan pengelolaan data yang maksimal. 

Vendor cloud storage bahkan menawarkan penyimpanan seumur hidup dengan harga terjangkau. Tentunya ini jadi solusi efektif buat perusahaan kecil, menengah, dan kebutuhan perorangan.

Simak Juga:: Tips Memilih Layanan Penyimpanan Cloud Terbaik di Indonesia

4. Berbagi File dengan Mudah

Terdapat fitur berbagai file yang tersedia buat para pengguna cloud storage. Dengan fitur ini, Anda dapat mengirim file ke pengguna yang lain atau dapat pula mengundang banyak pengguna untuk melihat data Anda. 

Jadi, dengan izin Anda sebuah data atau file bisa terlihat oleh pengguna lain yang mendapat izin akses dari Anda. Anda tidak perlu lagi repot mengirim file satu per satu ke pengguna lain.

5. Otomatisasi

Layaknya hard disk pada suatu perangkat komputer, Anda bisa menyimpan file apapun di cloud storage. Dan menjamin tidak akan mengganggu file lain yang sedang digunakan atau dibuka. 

Bisa jadi ada lebih dari satu pengguna yang menggunakan atau mengakses cloud Anda. Walau begitu, file lainnya akan tetap aman karena sistem cloud mengelola dan mengotomatisasi penggunaan data Anda.

Dengan cloud storage Anda bisa mengizinkan banyak pengguna untuk mengakses dan mengedit file Anda secara real time.

6. Sinkronisasi

Kegunaan lain dari cloud storage yaitu kemudahan dalam menyinkronkan data penyimpanan cloud dengan gadget apapun yang Anda gunakan. Anda bisa mengakses data dari PC, laptop, tablet, smartphone dimanapun dan kapanpun Anda butuh. 

Dengan begitu, tidak akan ada lagi kerepotan untuk menyalin file terlebih dahulu dari satu perangkat dengan perangkat lainnya. Anda hanya butuh koneksi internet yang stabil untuk mengakses file Anda.

7. Terukur dan Fleksibel

Cloud storage atau penyimpanan awan sangat terukur dan Fleksibel. Saat penyimpanan cloud sudah tidak cukup, Anda dengan mudah bisa memutakhirkan paket layanan penyimpanan dari cloud. 

Anda tidak perlu mentransfer data atau file apapun dari satu lokasi penyimpanan ke lokasi penyimpanan yang lainnya. Ruang penyimpanan ekstra akan langsung ditambahkan pada cloud storage Anda dengan tambahan fitur-fitur terbaru.

Simak Juga:: Ketahui Pengertian dari Network Security, Manfaat dan Jenisnya

Menyimak bahwa manfaat menggunakan cloud storage cukup banyak dan mendukung keamanan jaringan perusahaan. Anda bisa mulai memprioritaskan network security dengan penggunaan cloud storage.

Jika Anda bingung mau memesan layanan cloud storage dimana? Anda bisa menghubungi Deltadata Mandiri yang menyediakan layanan penyimpanan cloud hingga layanan keamanan cyber. Anda bisa langsung menghubungi kontak kami.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com