Tips Memilih Layanan Penyimpanan Cloud Terbaik

Era teknologi mulai menuntut pebisnis untuk mulai beralih ke digitalisasi. Namun hal ini memunculkan masalah baru, salah satunya adalah bagaimana menyimpan dan mengolah data. Masalah tersebut dapat teratasi dengan memilih layanan penyimpanan cloud terbaik.

Layanan cloud memiliki keunggulan daripada penyimpanan konvensional, salah satunya lebih hemat biaya dan praktis.

Mengapa bisa demikian? Apa keunggulannya? Dan bagaimana tips memilih layanannya? Yuk ikuti pembahasannya!

Penyimpanan Cloud Adalah

Anda mungkin sudah mengenal perangkat flashdisk, harddisk, dan sebagainya, biasanya Anda gunakan untuk menyimpan berbagai file. Perangkat tersebut memiliki ciri khas, yaitu memiliki wujud fisiknya, Anda harus memilikinya agar bisa menyimpan data.

Namun, pernahkah Anda membayangkan bahwa bisa menyimpan data tanpa harus memiliki perangkatnya? Jawabannya tentu bisa, karena sekarang terdapat media penyimpanan digital atau lebih terkenal dengan sistem cloud storage.

Agar bisa menyimpan data di cloud, terlebih dahulu Anda harus memesan ruang penyimpanan digital melalui pihak provider. Pihak tersebut akan memberikan “kunci” akses menuju ruangan digital kepada Anda, sehingga Anda bisa menambah, menghapus, dan menyimpan data.

Saat ini terdapat 3 jenis ruang penyimpanan digital ini, yaitu : file storage, block storage, dan object storage. Dari ketiga jenis layanannya, object storage menjadi pilihan banyak pebisnis. Hal ini karena kemampuan scaling-nya, yaitu memungkinkan memiliki ruang penyimpanan tanpa batas.

Contoh penyimpanan online gratis atau cloud gratis yaitu Google Drive, untuk menggunakannya, Anda tinggal membuat akun Gmail saja. Pada drive tersebut, Anda bisa menambahkan data berupa gambar, dokumen, video, dan lainnya. Namun kapasitasnya terbatas, yaitu 15 GB saja.

Apabila Anda ingin menggunakan kapasitas yang lebih besar, ada baiknya mulai mencari provider cloud berbayar. Banyak provider menawarkan object storage, sehingga memungkinkan Anda memperoleh ruang penyimpanan besar dengan lebih hemat dan praktis.

Tips Memilih Penyimpanan Cloud

Tips Memilih Penyimpanan Cloud
sumber : Gdrive

Saat ini banyak sekali pihak yang menawarkan penyimpanan cloud, bahkan menawarkan kapasitas tidak terbatas. Anda sebaiknya tidak boleh tergesa-gesa memilih penyedia layanannya, pastikan mempertimbangkan beberapa hal berikut :

1. Keamanan Sistemnya

Keamanan data menjadi hal terpenting untuk Anda pertimbangkan, terlebih bila akan berhubungan dengan big-data. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan detail bagaimana data tersimpan, tingkat proteksinya seperti apa, dan apakah perlu keamanan tambahan.

Tiap provider biasanya memiliki kebijakan penyimpanan dan keamanan berbeda. Apabila Anda merasa kurang lengkap, pilihannya bisa mencari provider lain atau menggunakan jasa security data. Intinya, pilihlah penyimpanan cloud paling aman.  

2. Teknologi Manajemen Data

Pertimbangan selanjutnya adalah manajemen data, terutama untuk Anda yang sebelumnya menggunakan media penyimpanan konvensional di hard-drive. Anda setidaknya harus melakukan migrasi data, re-coding, dan sebagainya.

Agar seluruh proses tersebut berjalan secara optimal, ada baiknya memilih provider yang membantu proses manajemen datanya. Apabila terlalu sulit, pastikan memilih provider yang memungkinkan Anda mengelola data dalam waktu yang relatif cepat.  

3. Sistem Dukungan Layanan

Berbagai layanan biasanya juga memberikan sistem support, mulai dari berbicara langsung dengan customer service, kontak melalui email, atau dukungan lainnya. Banyak orang sering mengabaikan fitur ini, namun Anda harus mempertimbangkannya dengan baik.

Hal ini karena apabila Anda suatu saat menghadapi kendala, cepat terselesaikan. Usahakan mempelajari sampai sejauh mana dukungan yang provider berikan. Dengan demikian Anda bisa lebih mempersiapkan perencanaan yang terbaik.

4. Biaya Menggunakan Layanan

Pertimbangan lainnya adalah biaya layanannya. Terdapat beberapa cara perhitungan biaya layanannya, seperti pay-as-you-go (membayar sesuai dengan kapasitas yang Anda gunakan), reserverd (membayar dalam kurun waktu tertentu secara langsung), dan volume (membayar berdasarkan volume transfer data Anda).

Layanan penyimpanan cloud populer biasanya menawarkan ketiga opsi tersebut, sehingga Anda lebih fleksibel memilihnya. Namun sesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda, misal untuk menyimpan data yang jarang terpakai, bisa menggunakan cold storage berdasarkan volume agar biayanya lebih murah.

Layanan Penyimpanan Cloud Terbaik

Rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin melakukan transformasi digital adalah Deltadata Mandiri.

Deltadata Mandiri merupakan partner terbaik dan tercepat untuk membantu implementasi transformasi digital. Hal ini karena Deltadata Mandiri menggunakan teknologi terbaru dan tim profesional.

Deltadata Mandiri juga menyediakan berbagai layanan penunjang, seperti pengembangan aplikasi, data integrasi, konsultasi, dan masih banyak layanan lainnya. Sehingga tidak hanya memberikan layanan penyimpanan cloud storage saja, namun juga memberikan dukungan terbaik bagi Anda

Anda bisa memeriksa layanan lainnya melalui website resmi atau mulai menghubungi kontak Deltadata Mandiri untuk berkonsultasi. Jangan ragu untuk menyampaikan seluruh kebutuhan Anda, karena tim akan memberikan solusi terbaik untuk Anda.

Transformasi digital memiliki berbagai tantangan, salah satunya berkaitan dengan penyimpanan data. Itulah pentingnya Anda mulai mencari layanan penyimpanan cloud terbaik, sehingga proses transformasi digital makin cepat, efektif, dan ekonomis.