Mengenal Apa Itu Object Storage, Fungsi, dan Manfaatnya

Ketika Anda menggunakan Instagram, menonton streaming di Youtube, dan melihat konten lucu di Tiktok, pernahkah terpikir bagaimana data tersebut tersimpan? Jawabannya adalah data tersebut tersimpan ke dalam object storage.

Object storage adalah salah satu model penyimpanan data terbaik dan tercepat, yang menjadi solusi untuk perusahaan besar seperti Google dan Amazon. Mengapa bisa demikian? untuk mengetahui jawabannya yuk simak ulasan apa itu object storage, fungsi, dan manfaatnya berikut.

Apa Itu Object Storage

Apa Itu Object Storage
sumber : Gdrive

Object storage adalah satu dari 3 model penyimpanan yang saat ini sedang berkembang. Dua model lainnya yaitu block storage dan file storage. Ciri khas dari object storage adalah menganggap file atau dokumen yang Anda simpan sebagai sebuah objek. Objek tersebut memiliki 4 hal utama, yaitu :

  1. Nomor ID : sebuah kode penanda yang berfungsi sebagai tanda pengenal file tersebut
  2. Data : objek tersebut juga mengandung data/file yang Anda simpan
  3. Meta Data : informasi umum yang membuatnya mudah untuk indexing atau informasi yang Anda butuhkan untuk mengenalinya, seperti ukuran, tipe file, data modifikasi, dan sebagainya
  4. Atribut : status yang melekat kepada file-nya, seperti siapa yang boleh memodifikasi, siapa yang boleh melihat, dan sebagainya.

Keempat hal tersebut terlihat cukup familiar, karena ketika Anda menyimpan data di penyimpanan komputer juga menunjukkan hal tersebut. Namun ternyata berbeda, beginilah perbandingannya.

Penyimpanan yang ada di komputer Anda menggunakan file storage, file tersimpan dalam folder-folder tertentu sesuai dengan urutan tertentu, sistem ini terkenal dengan sebutan hierarki. Apabila Anda menyimpan data dalam jumlah besar, maka akan ada banyak sekali folder yang ada.

Berbeda dengan object storage, seluruh data akan tersimpan pada sebuah “ember” besar, tidak terpisahkan oleh folder-folder. Terlihat berantakan, tetapi berkat 4 hal tadi, mudah untuk mengurutkan dan mencari data yang Anda butuhkan.

Kecepatan inilah yang membuat perbandingan object storage vs file storage menjadi sangat terlihat. Kemampuannya membaca data cepat inilah yang memungkinkan Anda bisa melihat streaming Youtube jauh lebih lancar dan tanpa jeda.

Simak Juga:: Data Protection: Pengertian, Contoh & Alasan Pentingnya

Manfaat Object Storage

Teknologi object storage menjadi pilihan perusahaan besar seperti Google, Amazon, dan berbagai startup lainnya karena memiliki banyak manfaat. Selain karena merupakan teknologi mutakhir, juga memberikan keunggulan, seperti :

1. Bisa Mengembangkan Kapasitasnya Hingga Tak Terbatas

Perbandingan antara object storage vs block storage atau file storage adalah kemampuannya dalam menambah kapasitas penyimpanan. Berdasarkan cisco, setiap tahunnya ada lebih dari 1 zettabyte data transaksi, angka yang sangat besar.

Hal ini memerlukan penyimpanan yang lebih besar, fleksibel, dan kompatibel. Kendala kedua jenis penyimpanan lainnya adalah ketika menghadapi data besar akan kesulitan mengolahnya, namun hal ini tidak terjadi pada object storage.

2. Mudah Mengelola Datanya

Keunggulan menempatkan data pada sebuah “ember” tanpa folder pemisah adalah kecepatan untuk mengelola datanya. Anda lebih mudah untuk memanggil, mengganti, atau menghapus tanpa harus menghafalkan direktori datanya.

3. Memungkinkan Recovery Ketika Terjadi Kerusakan

Ketika Anda menyimpan sebuah objek ke dalam “ember”, data tersebut akan otomatis terduplikasi ke beberapa penyimpanan fisik sekaligus. Hal inilah yang membuat Anda lebih cepat melakukan recovery bila terjadi kerusakan pada salah satu media penyimpanannya.

4. Kompatibel dengan Cloud

Object storage juga bisa Anda akses dari mana saja secara bebas, hal ini karena cloud object storage architecture mengadopsi 4 prinsip, yaitu kesederhanaan, fleksibilitas, cloud, dan programmability. Keempat hal ini memungkinkan Anda melakukan kolaborasi dengan berbagai orang di seluruh dunia secara cepat.

Fungsi Object Storage

Object Storage memiliki banyak manfaat terkait dengan penyimpanan, namun penggunaannya tidak terbatas sebagai media penyimpanan saja. Beberapa fungsi object storage lainnya antara lain :

  1. Sebagai alat untuk analisis big-data
  2. Mengurangi cost dalam mengelola dan mengatur transaksi data
  3. Media backup dan arsip data-data penting yang tak terkategori
  4. Menunjang internet of things
  5. Mendukung migrasi data cloud secara cepat

Object Storage Solutions

Banyaknya transaksi data penting saat ini mulai membuat berbagai start-up mulai kewalahan menanganinya. Terutama yang masih memanfaatkan media penyimpanan tradisional, baik menggunakan block storage maupun file storage.

Apabila Anda termasuk salah satu orang yang mengembangkan aplikasi dan akan berhubungan dengan big-data, ada baiknya mulai memperhitungkan untuk beralih ke object storage service. Hal ini akan menyelesaikan seluruh problematika Anda.

Selain itu beralih ke layanan object storage juga membuat biaya operasional jauh lebih ekonomis. Hal ini karena Anda tak harus membayar keseluruhan perangkat penyimpanan, tetapi hanya membayar sesuai dengan kapasitas, volume transaksi data, dan sebagainya.

Apabila Anda tertarik untuk mengenal lebih jauh keunggulan object storage, bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke Deltadata Mandiri. Deltadata Mandiri memiliki tim yang sudah berpengalaman lama menyelesaikan masalah object storage, sehingga mampu memberikan solusi terbaik untuk Anda.