Apa itu Metadata? Inilah Contoh dan Perbedaannya dengan Data

March 1, 2024
Danar

Metadata adalah istilah yang semakin populer belakangan ini. Apalagi di era digital yang mana semuanya sudah mengandalkan ekosistem internet, data adalah hal yang sangat penting. Metadata sendiri memang merupakan suatu hal yang masih berkaitan dengan data. Oleh karena itu, mari kita ketahui apa itu metadata.

Memang semakin berkembangnya teknologi, ada berbagai istilah baru yang kerap kali muncul. Hal ini juga harus Anda ikuti bila memang ingin survive di ranah bisnis digital. Metadata ini juga punya fungsi yang sangat berguna untuk pengolahan berbagai jenis data yang hendak dimanfaatkan.

Supaya pengetahuan Anda terkait dengan istilah teknologi informasi bisa semakin bertambah, pastikan untuk terus membaca pembahasan berikut.

Apa itu Metadata

Apa itu Metadata
Sumber : Unsplash

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita ketahui mengenai apa sebenarnya definisi dari metadata itu sendiri. Istilah atau embel-embel “meta” juga kerap kali kita jumpai dalam hal lain, misalnya saja metaverse, metagame, atau metafisika.

Hal tersebut sebenarnya memiliki arti “meta” yang sama. Yang mana, kata ini berakar dari bahasa Yunani yang artinya “lebih jauh”, “lebih luas”, atau mungkin lebih mudahnya Anda pahami sebagai “lebih menyeluruh”.

Jadi, dari hal ini Anda bisa memahami metadata sebagai data yang lebih jauh atau hal yang lebih menyeluruh dari data.

Masih bingung? Mari lihat penjelasan mengenai apa itu metadata menurut IBM ini, yang mana metadata adalah suatu informasi mengenai data. Hal ini mencakup setiap data yang ada pada suatu pekerjaan di setiap bidang.

Lebih jelasnya, tentu data yang Anda miliki punya penjelasan lebih detail lagi. Nah ringkasan detail inilah yang metadata sajikan, misalnya pada sebuah foto, dokumen, video, situs web, dan sebagainya. Tujuan dari adanya metadata tersebut adalah agar datanya lebih mudah untuk dikenali.

Mengenai perbedaan metadata dengan data, tentu sudah sangat jelas ya. Yang mana metadata sendiri merupakan informasi yang memberikan penjelasan mengenai data secara lebih luas dari sebuah konten. Kurang lebih seperti itu penjelasan singkat mengenai pengertian metadata.

Simak juga:: Pengertian Data Governance: Manfaat dan Mengapa Begitu Pentingnya

Contoh Metadata

Apakah penjelasan tersebut masih membuat Anda bingung? Mungkin kalau Anda memang belum familiar dalam berbagai istilah di dunia digital, hal ini memang agak sedikit rumit dipahami. 

Meskipun sebenarnya mungkin saja Anda sudah kerap menjumpai mengenai metadata ketika menjelajahi internet, hanya saja belum mengetahui kalau hal tersebut adalah suatu metadata.

Nah, berikut adalah beberapa contoh dari metadata yang biasa Anda temui.

1. Metadata Pada Dokumen

Kali ini, contohnya adalah dari file word. Jenis dokumen ini tentunya sangat familiar bagi kebanyakan orang. Kalau Anda sering melakukan pembuatan atau pengiriman dokumen, tentunya ada berbagai unsur-unsur dari file dokumen tersebut.

Misalnya saja mengenai berapa ukurannya, kapan tanggal pembuatannya, siapa penulisnya, hingga dimana lokasi penyimpanan file tersebut, apa tipe format dokumennya, semuanya adalah metadata. Semua hal tersebut adalah gabungan informasi dari berbagai data secara menyeluruh dari suatu file. 

Apakah contoh ini bisa membuat Anda lebih pahami? Mari lihat contoh kedua berikut

2. Metadata Pada Gambar 

Pada gambar juga metadata bisa Anda temukan. Misalnya saja ketika membuka galeri foto lalu memilih detailnya, maka akan muncul informasi lebih lanjut mengenai foto tersebut. Mulai dari berapa ukuran gambarnya, kapan pengambilan foto tersebut, hingga pengaturan cahayanya bagaimana.

Kedua hal tersebut tentunya sudah kerap Anda jumpai kan? Begitulah contoh dari metadata ini. Secara lebih lanjut, masih banyak lagi konten-konten digital yang memiliki metadata dengan informasi data yang berbeda-beda pula.

Simak Juga:: Pengertian Data Quality: Manfaat dan Pentingnya Bagi Perusahaan

Tujuan Metadata

Metadata sendiri punya tujuan sebagai identifikasi data dari sebuah konten agar lebih mudah untuk dipahami ketika hendak menggunakannya. Dari hal tersebut juga akan mempermudah dalam hal manajemen file, sebab hal tersebut sudah memiliki informasi yang lebih detail.

Selain itu, hal ini juga membuat konten lebih mudah untuk ditemukan karena informasi yang menyeluruh tersebut. Dalam hal yang lebih komprehensif, sebenarnya metadata juga ada pada situs web dan statisik tertentu. Dalam konteks pemasaran, pastinya hal tersebut juga bisa sangat membantu dalam berbagai hal.

Misalnya untuk pemantauan situs web, penerapan SEO, membaca kompetitor, hingga melakukan evaluasi internal. 

Sekian mengenai pembahasan kali ini mengenai apa itu metadata. Dari penjelasan terkait data yang metadata berikan, tentunya akan memberikan berbagai kemudahan dalam pemrosesan informasi suatu file atau konten. Apalagi dalam ranah bisnis, tentunya ini sangat membantu. 

Kalau Anda membutuhkan bantuan atau jasa yang berkaitan dengan data, maka Anda bisa mempercayakannya kepada Deltadata Mandiri. Layanan profesional kami dalam bidang teknologi informasi siap membantu segala kebutuhan Anda. Mulai dari pembuatan aplikasi, analisis data, hingga layanan keamanan cyber.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com

Simak Juga:: Data Security Yang Bermanfaat Untuk Keamanan Data Perusahaan