Pahami Data Security Yang Bermanfaat Untuk Keamanan Data Perusahaan

December 29, 2023
Danar

Perkembangan teknologi yang saat ini memungkinkan serba digital, membuat para penggunanya harus lebih berhati-hati.

Pasalnya, terdapat ancaman nyata seperti serangan siber. Sehingga penting bagi Anda untuk lebih aware terhadap data security atau keamanan data.

Keamanan data ini tidak hanya diperuntukan bagi data-data tingkat pemerintah, organisasi maupun perusahaan saja. Akan tetapi, keamanan dari data personal Anda pun harus mendapat perhatian yang sama.

Karena tidak jarang para penjahat dunia siber mengincar data pribadi para pengguna internet, untuk kemudian data tersebut disalahgunakan seperti adanya jual beli data.

Pengertian Data Security

Mungkin sebagian dari Anda  ada yang masih bertanya-tanya, sebenarnya apa itu data security?

Data security adalah upaya yang dilakukan untuk memberikan perlindungan pada segala bentuk data dan informasi dari serangan siber. Bentuk serangan siber yang berkaitan dengan data biasanya berupa adanya akses ilegal terhadap data, pencurian data, hingga penyalahgunaan data.

Praktik dari data security atau keamanan data tentu melalui sebuah prosedur tersendiri dengan adanya dorongan regulasi teknologi untuk melindungi data.

Sederhananya, dengan adanya keamanan data maka Anda bisa mencegah serta melindungi data dari adanya akses illegal. Akses tersebut biasanya merujuk pada database, computer, hingga website. Dengan tujuan untuk mengambil data dan informasi digital yang bersifat pribadi.

Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan, bahwa keamanan dari sebuah data merupakan hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Terlebih lagi saat ini kita tidak bisa terhindar dari aktivitas dalam penggunaan jaringan internet.

Simak Juga:: Rapid Application Development Indonesia untuk Aplikasi Digital

Mengapa Data Security Penting?

Seiring dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi juga tidak terlepas dari adanya ancaman serangan siber. Kejahatan dunia siber memang banyak sekali bentuknya, salah satunya adalah pencurian data.

Menurut pemaparan data dari databoks menyebutkan bahwa Indonesia masuk dalam tiga besar negara dengan kasus kebocoran data terbesar di dunia.

Tentu hal ini merupakan sinyal darurat, bahwa sudah saatnya setiap pengguna jaringan internet baik dalam skala besar maupun pribadi untuk lebih aware terhadap keamanan data.

Simak Juga:: Endpoint Security: Proteksi Keamanan dalam Keberlangsungan Bisnis

Jenis -Jenis Keamanan Data

Dalam upaya melindungi data, terdapat beberapa jenis keamanan data yang perlu Anda ketahui:

1. Authentication

Jenis keamanan data ini merupakan metode keamanan data untuk melakukan identifikasi penggunanya secara akurat.

2. Encryption

Cara kerja dari jenis keamanan data ini adalah modifikasi atau melakukan perubahan terhadap teks menggunakan algoritma komputer. Teks tersebut diubah menjadi format yang tidak dapat terbaca melalui kunci enkripsi.

Sehingga, hanya pihak-pihak yang berwenang saja yang dapat mengakses data dan informasi tersebut.

3. Firewall

Contoh data security satu ini adalah dengan melakukan filter untuk menjaga dan melindungi agar terbatasnya akses (keluar dan masuk) dari pengguna illegal.

4. Access Control

Tujuan keamanan data ini adalah untuk membatasi akses baik berupa fisik maupun digital terhadap sistem, informasi dan data penting lainnya. Sehingga tidak bisa sembarang pihak yang dapat mengakses data tersebut.

Penerapan berbagai jenis keamanan data tersebut tentu dapat memberikan manfaat baik bagi keamanan data pribadi maupun lembaga tertentu.

Simak Juga:: Peran Penting Cyber Security dalam Melindungi Data dan Privasi

Manfaat Data Security untuk Perusahaan

Adanya serangan siber berupa pencurian dan penyalahgunaan data merupakan salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam perusahaan.

Pasalnya, apabila Anda tidak aware terhadap keamanan data maka akan berpengaruh pada tingkat reputasi hingga kepercayaan dari pihak lain, seperti konsumen.

1. Melindungi Segala Data dan Informasi

Dengan penerapan data security, maka itu artinya Anda sudah melakukan upaya terbaik untuk melindungi data dan informasi. Data-data tersebut tentu mencakup data sensitif perusahaan, data para karyawan, hingga data para konsumen perusahaan Anda.

Jangan sampai setiap data yang berkaitan dengan bisnis perusahaan Anda disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

2. Menjaga Reputasi Perusahaan

Reputasi perusahaan menjadi salah satu poin penting dalam keberhasilan bisnis, sehingga Anda perlu menjaga bahkan meningkatkannya. Adanya kebocoran data, terlebih lagi data para konsumen tentu akan menjadi boomerang bagi perusahaan.

Kasus kebocoran data tersebut dapat menghilangkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Sehingga reputasi pun akan turun. Untuk itu pastikan untuk melindungi data perusahaan dan konsumen, sebagai upaya menjaga reputasi.

3. Meningkatkan Produktivitas Kinerja

Ketika perusahaan tidak dihadapkan dengan permasalahan kebocoran data, maka karyawannya pun akan lebih fokus dan produktif untuk bekerja.

Karena kasus kebocoran data seringkali dapat mengganggu fokus perusahaan, karena harus menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sebagai upaya antisipasi, maka sudah saatnya Anda menerapkan keamanan data perusahaan. Anda bisa menggunakan layanan Deltadata Mandiri untuk meningkatkan proteksi data dan server.

Pelayanan data security Deltadata Mandiri dilakukan oleh tim profesional dan berpengalaman pada bidang transformasi digital. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kontak email: marketing@deltadatamandiri.com.