Berikut 7 Cara Meningkatkan Keamanan Jaringan Komputer

February 12, 2024
Danar

Tahukah Anda jika penggunaan komputer atau perangkat elektronik lain seperti handphone yang terhubung dengan jaringan internet bisa mengancam data dan privasi Anda yang tersimpan dalam perangkat tersebut?

Perlu Anda ketahui jika kasus peretasan dewasa kini kian marak terjadi di sekitar kita. Maka dari itu, Anda perlu banget nih untuk mengetahui cara meningkatkan keamanan jaringan agar bisa terhindar dari ancaman peretasan data.

Rasanya saat ini penggunaan gadget dan internet tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Berbagai kebutuhan kini bisa didapat hanya dengan menekan-nekan tombol gadget saja. Sehingga tidak bisa dipungkiri lagi jika kedua benda ini menjadi kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat.

Sayangnya, di era perkembangan teknologi yang kian masif, sebagian lapisan masyarakat masih awam terhadap pentingnya sistem keamanan jaringan.

Jika Anda tidak melindungi data Anda yang tersimpan dalam perangkat yang terhubung dengan internet, maka ancaman kejahatan digital bisa menyerang kapan saja.

Ancaman ini bisa berupa cybersecurity, ancaman hacker, pencurian data, dan beragam ancaman berbahaya lainnya. Maka dari itu, yuk simak penjelasan tentang bagaimana cara meningkatkan sistem keamanan jaringan agar data dan privasi Anda bisa terlindungi sepenuhnya!

Jenis Gangguan Keamanan Jaringan Komputer

By: Unsplash.com

Sebelum menuju ke pembahasan mengenai cara menjaga keamanan jaringan komputer, berikut ini beberapa macam gangguan keamanan jaringan komputer yang bisa menyerang, di antaranya ialah:

  • Hacking. Umumnya oknum yang melakukan kejahatan digital satu ini memiliki tujuan untuk merusak susunan jaringan yang telah ada sebelumnya.
  • Carding. Kejahatan digital yang ini berupa tindakan pencurian data seseorang dengan maksud mengambil nomor kartu kredit dan digunakan untuk kejahatan tertentu.
  • Deface. Deface ialah jenis gangguan keamanan jaringan dimana sang peretas dengan mudah mengubah bentuk atau tampilan situs tertentu.
  • Phising. Gangguan keamanan satu ini merupakan bentuk gangguan berupa pemalsuan data resmi yang telah tertera sebelumnya.
  • Password Cracking. Nah, yang dinamakan password cracking merupakan salah satu metode yang digunakan peretas untuk melawan perlindungan password yang telah dienskrip dalam suatu sistem.
  • Virus. Jenis gangguan keamanan ini ialah berupa program yang memang khusus diciptakan untuk merusak, memanipulasi, dan mengubah suatu file.
Simak Juga:: Perbedaan Agile dan Waterfall: Mana yang Lebih Cocok?

Cara Menjaga Keamanan Jaringan Komputer

By: Unsplash.com

Selain smartphone, komputer juga menjadi perangkat elektronik yang saat ini dipakai untuk menunjang berbagai kegiatan sehari-hari. Kegiatan tersebut digunakan untuk beragam kebutuhan mulai dari bekerja, kuliah, atau hanya sekedar untuk mencari informasi atau hiburan saja.

Namun, tahukah Anda perangkat elektronik yang terhubung dengan internet, seperti komputer, beresiko tinggi terhadap ancaman kejahatan digital seperti penyalahgunaan data dan privasi penggunanya. 

Tidak perlu khawatir lagi, ya, pasalnya di bawah ini beberapa cara menjaga keamanan jaringan komputer yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, lho!

1.    Memasang Anti Virus

Menginstall Anti Virus semacam Smadav di komputer Anda kini sudah menjadi agenda wajib untuk membantu meningkatkan keamanan komputer. 

Nah, bagi Anda pengguna komputer Windows 10, tak usah risau dengan pemasangan Anti Virus karena versi Windows ini secara otomatis menyediakan fitur proteksi tanpa repot-repot mengunduhnya sendiri.

2.    Hindari Transaksi Online Sembarangan

Selain sekedar berselancar di internet untuk sekadar mencari informasi atau hiburan, kebanyakan dari penggunaan komputer tak lepas dari yang namanya kegiatan belanja daring. 

Beragam kemudahan yang bisa diperoleh, membuat masyarakat berbondong-bondong mulai menggandrungi kegiatan jual-beli online ini.

Perlu digaris bawahi jika Anda harus tetap waspada saat melakukan pembayaran via online. Selalu pilih marketplace yang jelas kredibilitasnya, serta jangan dengan mudah memberikan informasi data pribadi kepada siapa pun.

3.    Rutin Mengganti Password

Setiap perangkat komputer tentu tidak luput dari fitur keamanan berupa password. Penggunaan fitur ini akan sangat bermanfaat bagi keamanan data dan privasi Anda. Selain itu, sering mengganti password juga turut membantu meminimalisir terjadinya kebocoran data dalam komputer.

Sebagai saran yang bermanfaat, gunakanlah kombinasi yang unik pada password Anda agar tidak gampang diketahui orang lain. Plus jangan sampai membagikan password Anda kepada sembarang orang, ya!

4.    Memakai Incognito Mode

Incognito Mode ialah fitur yang ada pada web, fungsinya untuk menonaktifkan cache browsing dan riwayat penelusuran Anda di internet. Adanya fitur ini sangat membantu saat Anda mengakses data penting menggunakan internet, terlebih lagi jika Anda menggunakannya di tempat umum.

5.    Gunakan Firewall

Firewall mempunyai peran untuk mengawasi tiap gerak-gerik data yang keluar-masuk dari maupun ke komputer. Fungsinya adalah untuk memastikan jika file yang masuk merupakan file yang aman, serta file yang keluar bukan berupa file yang diambil secara paksa.

Nah, jika terjadi pengiriman data keluar tanpa persetujuan dari pemilik akun, maka secara otomatis firewall akan menghadang proses pengiriman data dan memblokir permohonan file tersebut.

6.    Sering Membackup Data Penting

Di lapangan, pencurian data bukan hanya sekedar menyalin data saja, bahkan terdapat beberapa penemuan kasus sampai penghapusan data juga. 

Nah, reminder untuk Anda yang kerap bekerja secara daring nih, untuk selalu rutin melakukan backup data agar terhindar dari ancaman merugikan seperti kehilangan data.

Anda bisa menggunakan perangkat keras ekstrenal untuk membackup atau bisa juga mengunggah data Anda ke layanan cloud storage, semacam Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan lain sebagainya.

7.    Abaikan Pesan Spam

Jika Anda mendapati spam di media sosial berupa tautan mencurigakan, sepatutnya Anda abaikan saja. Umumnya, spam ini berisi tawaran hadiah dengan nominal yang fantastis, atau berbagai tawaran-tawaran menggiurkan lainnya yang menyertakan link di dalam pesan spam tersebut. 

Jika kebetulan Anda menerima pesan ini, jangan pernah Anda mengetuk tautan tersebut, karena bisa jadi tautan yang dibagi merupakan perangkap yang dipasang oleh peretas untuk menjebak Anda.

Simak Juga:: Peran Penting Cyber Security dalam Melindungi Data dan Privasi

Lindungi Keamanan Jaringan Anda Bersama Deltadata Mandiri

Jika Anda masih ragu apakah data dan privasi Anda sudah terlindungi atau belum, maka Anda bisa memanfaatkan layanan dari Deltadata Mandiri sebagai upaya meningkatkan proteksi data dan server. 

Soal pelayanannya jangan diragukan lagi, Deltadata Mandiri merupakan tim profesional yang telah berpengalaman dalam bidang transformasi digital.

Berbagai layanan yang tersedia dalam Deltadata Mandiri, di antaranya adalah, layanan penyimpanan cloud, pembuatan aplikasi, analisis data, hingga keamanan cyber bisa Anda dapatkan.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai keamanan jaringan, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com

Simak Juga:: Pahami Data Security Yang Bermanfaat Untuk Keamanan Data Perusahaan