Cara Memilih Platform Low Code: Ideal yang Diadopsi CIO dan Developers

February 19, 2024
Danar

Platform low code mengambil pendekatan pengembangan visual untuk mengembangkan aplikasi bisnis. Ini memungkinkan developer untuk membuat aplikasi secara visual dengan minimal handcoding dan investasi di muka dalam pengaturan, pelatihan dan penyebaran (Deployment) aplikasi.

Adopsi teknologi low code berkembang dengan pesat karena pengembang dapat beralih, dan merilis aplikasi dalam waktu singkat jika dibandingkan dengan metode tradisional.

Bahkan membuat aplikasi web, mobile android, dan mobile IOS dalam development studio yang sama dan menggunakan komponen (Prefab) yang re-usable.

Berikut ini adalah Beberapa Fitur Platform Low Code

Pengembangan Visual - Harapan mendasar dari platform pengembangan  low code adalah untuk menawarkan lingkungan pengembangan WYSIWYG di mana pengembang dapat menyeret dan melepaskan komponen untuk merancang user interface yang responsif yang beradaptasi dengan resolusi layar perangkat.

Beberapa platform ini menawarkan templat out-of-the-box untuk layout dan layar yang umum digunakan seperti dashboard.

Permintaan untuk aplikasi seluler perusahaan berarti bahwa platform low code juga sudah mulai menawarkan pengembangan aplikasi seluler lintas platform dengan akses ke fitur perangkat seluler asli.

Integrasi Sederhana - Hampir setiap aplikasi bisnis bergantung pada data untuk membuat aplikasi yang bermakna.

Tetapi data tersedia dari sistem yang berbeda mulai dari sistem perusahaan berpemilik hingga API dari entitas eksternal dan semua yang ada di antaranya.

Oleh karena itu, integrasi data menghabiskan banyak waktu dan sumber daya selama pengembangan aplikasi perusahaan.

Platform Low-code diharapkan memberikan pendekatan visual bagi pengembang untuk terhubung ke sumber data ini dan menyematkan elemen data langsung ke dalam aplikasi.

Beberapa platform juga memungkinkan pengembang profesional untuk merancang model data dan mengkonfigurasi logika bisnis langsung di dalam platform low code.

Penyebaran Instan - Di luar kebutuhan untuk menghilangkan atau mengurangi pengkodean aplikasi, Platform kode-rendah diharapkan untuk merampingkan dan mempercepat proses pengiriman aplikasi itu sendiri.

Salah satu karakteristik utama adalah kemampuan untuk menyebarkan aplikasi secara instan dengan konsep DevOps.

Platform semacam itu juga menawarkan satu titik kontrol untuk pemeliharaan dan pembaruan aplikasi.

Sementara platform pengembangan low code lainnya memperluas kemampuan untuk keamanan, tata kelola, kontrol versi, autoscaling infrastruktur dan banyak lagi.

low code
Simak Juga:: Berikut 8 Cara Mengatasi Cyber Crime Yang Bisa Dilakukan

Bagaimana Supaya dicari CIO / Developer Bertemu dalam Patform Low Code?

Bisnis digital modern membutuhkan CIO untuk memastikan bahwa mereka memberikan penawaran terbaru kepada pengguna.

Saat memilih platform low code, perhatian terhadap CIO adalah membangun aplikasi lebih cepat.

Tetapi yang menjadi perhatian pengembang (Developer) adalah serangkaian kriteria yang menentukan platform kode rendah mana yang akan diadopsi.

Beberapa hal Ini adalah:

1. Apakah Platform dibangun di atas Standar Terbuka?

Sementara sebagian besar platform low code mengklaim "tidak ada vendor lock-in", kenyataannya adalah bahwa sebagian besar dari mereka menggunakan teknologi lock-in kuno dengan subscription per user basis dan limitasi lainnya.

Aplikasi yang dikembangkan pada platform low code yang didasarkan pada teknologi open source terbukti yang dipercaya oleh jutaan pengguna memastikan pendekatan yang terbuka dan dapat diperluas untuk pengiriman aplikasi.

Juga, platform harus menggunakan best of breed  untuk mengembangkan aplikasi full-stack.

Ini akan menjadi perhatian besar dikalangan developers, CIO harus melihat concern dari tim planning dan developers di area ini.

2. Apakah Integrasi Eksternal yang Sederhana Dimungkinkan?

Sementara sebagian besar vendor menawarkan kemampuan pengembangan visual yang layak, penting untuk mencari fitur yang memudahkan integrasi eksternal data dan layanan karena sebagian besar data bisnis disimpan dalam proprietary systems.

Carilah integrasi out-of-the-box untuk secara instan menambahkan fungsionalitas yang kuat ke aplikasi Anda.

Juga verifikasi apakah integrasi khusus dan komponen dapat dibangun dan digunakan kembali di seluruh aplikasi.

3. Apakah Platform Menawarkan Pengembangan Lintas-Platform?

Kemampuan untuk membuat aplikasi menggunakan basis single-code yang dapat beradaptasi dengan platform asli atau sistem operasi apa pun (yang bisa iOS, Android, Windows Mobile, BlackBerry / RIM, dll.)

Menggunakan desain adaptif hibrid memungkinkan aplikasi untuk dapat berjalan mulus di semua perangkat yang memberikan kemampuan lintas platform.

4. Apakah Platform Memenuhi Kebutuhan Skalabilitas?

Pastikan vendor proprietary systems tidak hanya menyediakan hosting dan rilis manajemen. Periksa kemampuan untuk mengukur aplikasi dan menangani kebutuhan private cloud atau hybrid cloud.

Carilah solusi yang memungkinkan penyediaan, penyebaran, skalabilitas instan, dan pemanfaatan sumber daya secara cepat dan berkelanjutan (Continuos Integration dan Continuos Delivery)

Verifikasi apakah platform mendukung pembuatan custom software stack dan menyebarkan aplikasi berbasis layanan-mikro yang digerakkan oleh API, dan mengatur infrastruktur TI secara efektif.

5. Apakah Mudah untuk Membuat, Membagikan, dan Menggunakan API?

Saat ini, API berada di bagian depan dan tengah dari aplikasi dan arsitektur bisnis. Kebanyakan platform low code mendukung API.

Namun, seseorang harus memilih platform yang mengambil pendekatan API-pertama untuk pengiriman aplikasi.

Seharusnya mudah untuk mengimpor data dari layanan apa pun dan mengikatnya ke komponen UI.

Selain itu, platform harus memungkinkan pengembang untuk membuat, menerbitkan, dan menemukan API dengan mudah.

6. Apakah Mudah untuk Mempertahankan Kode yang Dihasilkan?

Dengan sebagian besar platform low code, bahkan pengembang yang paling berpengalaman pun tidak akan mengerti kode yang dihasilkan oleh platform.

Maintainability adalah aspek penting dari pengiriman aplikasi dan diabaikan oleh banyak platform ini.

Verifikasi bahwa kode yang dihasilkan mengikuti pola desain, terorganisir dengan baik, menggunakan konvensi penamaan (Naming convention) standar dan menghasilkan dokumentasi yang dapat dipahami dan dipelihara oleh pengembang sekarang maupun pengembang kedepannya.

7. Bagaimana Mekanisme Keamanannya?

platform low code harus mendukung mekanisme otentikasi dan otorisasi yang fleksibel untuk mengamankan pengguna dan berbagai tugas dalam aplikasi.

Periksa dukungan integrasi untuk sistem manajemen identitas populer seperti AD, LDAP, SSO, dan OAuth.

Simak Juga:: Digital Transformation Deltadata's Way

Benefits

Apakah Anda mengubah pengiriman aplikasi atau menguji low code dengan proyek percontohan, sangat penting untuk memilih kasus penggunaan bisnis yang tepat dan aplikasi untuk mencapai kesuksesan dengan platform kode rendah.

Khusus di Indonesia, pastikan anda beraliansi dengan partner lokal yang handal, memili resource low code developers yang certified dan berpengalaman untuk membantu jurney aplikasi cepat anda.

Setelah Anda dapat mengidentifikasi kasus penggunaan yang ideal, pilih  platform low code yang paling sesuai dengan use case anda dan memberikan nilai bisnis.

Deltadata Mandiri adalah penyedia dan implementor low code develepment platform di Indonesia.

Kami memiliki certified low code developer dari multiple leading low code vendors dengan kelebihan dan limitasi masing masing.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai low code, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com

pasrtnership
Simak Juga:: Rapid Application Development Indonesia untuk Aplikasi Digital