Enterprise Architecture: Manfaat, Tahapan, dan Contohnya

Teknologi informasi kian berkembang tiap tahunnya. Maka dari itu, kerangka kerja berbasis teknologi yang selalu up-to-date merupakan salah satu hal penting untuk suatu perusahaan yang bergerak di bidang bisnis miliki. Salah satu contohnya adalah Enterprise Architecture (EA).

Simak penjelasan lengkap seputar EA meliputi definisi, tahapan, kelebihan, macam-macam, contoh penerapan, sekaligus manfaatnya berikut ini!

Apa Itu Enterprise Architecture

Apa Itu Enterprise Architecture
Sumber: Freepik

Mengacu pada beragam sumber, Enterprise Architecture (EA) memiliki definisi yang bermacam-macam. Tech Targetmendefinisikan EA sebagai cetak biru konseptual yang menetapkan struktur dan operasional suatu perusahaan.

Selain itu, CImenambahkan bahwa EA adalah suatu praktek analisis, desain, rencana, dan pelaksanaan analisis bisnis supaya strategi bisnis suatu perusahaan dapat dieksekusi dengan sukses.

Sebagai tambahan, Ring Centra mengartikan EA sebagai sebuah metodologi yang direncanakan suatu perusahaan dan mengatur infrastruktur teknologi perusahaan tersebut.

Dengan demikian, benang merahnya adalah bahwa Enterprise Architecture adalah sebuah rancangan atau cetak biru berbasis teknologi yang suatu perusahaan miliki dalam menjalankan bisnisnya, mencakup struktur dan alur kerja perusahaan, supaya dapat mencapai tujuan tertentu sesuai rencana awal.

Singkatnya, EA berperan penting untuk menjaga keseimbangan performa infrastruktur teknologi sekaligus perkembangan bisnis suatu perusahaan.

Simak Juga:: Mengenal Apa Itu DevOps Indonesia, Fungsi, dan Toolsnya

Tahapan Enterprise Architecture Planning

Tahapan Enterprise Architecture Planning
Sumber: Freepik

Sebelum menggunakan sebuah cetak biru untuk melangsungkan kerja perusahaan, tahapan perencanaan atau Enterprise Architecture planning perlu terlaksana. Apa itu EA planning?

EA planning merupakan proses pendefinisian architecture dalam penggunaan informasi untuk mendukung bisnis dan rencana pengimplementasian architecture tersebut. Hal ini berlaku supaya rencana hingga eksekusi menjadi lebih terstruktur.

Berikut ini adalah tahapan dari perencanaan EA:

1. Menentukan Tujuan

Mengetahui tujuan adalah hal penting dalam memulai sebuah rancangan EA. Hal ini bertujuan supaya perusahaan dapat menetapkan strategi yang tepat untuk mengimplementasikan EA tersebut.

2. Memilih Framework

Enterprise Architecture framework meliputi metode, alat, serta proses implementasinya mendatang. Framework yang tepat akan membuat seluruh proses perencanaan hingga eksekusi jadi lebih mudah.

3. Enterprise Architects

Sebelum menentukan seseorang untuk memegang kendali atas manajemen EA, kompetensi orang tersebut perlu Anda pastikan supaya hasil EA memuaskan.

4. Menentukan Metodologi Implementasi

Dengan bantuan framework, metodologi implementasi suatu EA harus terencana secara step-by-step. Dengan begitu, Anda bisa lebih yakin bahwa seluruh proses berjalan dengan baik.

5. Dokumentasi

Ketika seluruh tujuan, strategi, dan metodologi telah ditentukan, dokumentasi keseluruhan komponen tersebut perlu dilakukan.

6. Benefit Measurement Metrics

Metrik pengukuran kinerja adalah hal penting untuk mengevaluasi output perusahaan. Oleh karena itu, komponen ini perlu ditentukan terlebih dahulu sebelum eksekusi dilakukan.

Kelebihan Enterprise Architecture Planning

Kelebihan Enterprise Architecture Planning
Sumber: Freepik

Ada banyak kelebihan yang akan perusahaan peroleh jika merancang EA planning sebelumnya. Beberapa kelebihannya adalah:

  • Akses data yang lebih mudah
  • Adaptasi dengan perkembangan teknologi dan pasar yang lebih baik
  • Pengambilan keputusan yang lebih baik
  • Mengeliminasi proses yang kurang efisien
  • Meminimalisir pergantian karyawan
  • Optimasi aset perusahaan lebih maksimal
  • Proses evaluasi jadi lebih mudah

Tentu saja masih banyak kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari EA planning. Oleh karena itu, keberadaan EA planning sangat penting supaya suatu perusahaan bisa memaksimalkan potensi serta mempermudah proses bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan ke depannya.

Macam-macam Framework Enterprise Architecture

Macam-macam Framework Enterprise Architecture
Sumber: Unsplash

Dalam penerapannya, terdapat framework untuk membantu EA supaya suatu perusahaan bisa mengimplementasikan dan melacak proses EA planning. NBerikut ini beberapa frameworks yang populer dan umum digunakan perusahaan lintas bidang:

  • The Open Group Architectural Framework (TOGAF)
  • The Zachman Framework for Enterprise Architecture
  • Federal Enterprise Architecture Framework (FEAF)
  • Gartner

Nama-nama tersebut merupakan beberapa nama yang umum di lingkup EA. Meski begitu, masih banyak lagi nama besar lain yang lebih mentarget niche market tertentu seperti European Space Agency Architectural Framework (ESAAF) dan SAP Enterprise Architecture Framework.

Contoh Penerapan Enterprise Architecture

Contoh Penerapan Enterprise Architecture
Sumber: Freepik

Dalam implementasinya, EA diterapkan pada banyak contoh program kinerja. Beberapa di antaranya adalah:

  • Single Sign On (SSO)
  • Web and EJB Operations
  • Business Development Model
  • Cloud Cube Process
  • Project Management Process
  • Service-oriented Architecture
  • Product Optimization

Manfaat Enterprise Architecture

Manfaat Enterprise Architecture
Sumber: Freepik

Dengan mengimplementasikan EA, suatu proses kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan tertentu akan jadi lebih maksimal dan terstruktur. Berikut ini beberapa manfaat dari implementasi EA oleh suatu perusahaan:

  • Alur kerja yang tepat untuk proses yang akurat.
  • Efisien dalam menggunakan sumber daya dan mengeliminasi redundansi dalam kerangka kerja.
  • Model lebih tangkas dalam menilai risiko teknologi sekaligus memandu pemantauan, metrik, dan analisis TI supaya tujuan bisnis dapat tercapai.
  • Kontinuitas dalam mempertahankan operasi bisnis melalui standarisasi bisnis dan IT yang bagus.

Perusahaan Anda membutuhkan bantuan untuk mewujudkan EA? Deltadata Mandiri hadir sebagai solusi untuk mewujudkannya.

Deltadata merupakan mitra implementasi transformasi digital perusahaan dengan layanan yang efektif, canggih, dan dikerjakan oleh ahlinya. Dengan Deltadata, seluruh request klein mengenai Enterprise Architecture akan terwujud sesuai tujuan. Wujudkan EA yang tepat dengan menghubungi Deltadata di sini!