Kenali Pentingnya Digital Transformation untuk Perusahaan

Semakin berkembangnya teknologi, digital transformation begitu diperlukan oleh perusahaan, khususnya yang bergerak di bidang bisnis. Pasalnya, sebuah bisnis perlu untuk beradaptasi dengan teknologi terkini yang serba cepat.

Simak penjelasan lengkap mengenai pentingnya transformasi digital di Indonesia sekaligus manfaat dan komponen-komponen penting di dalamnya berikut ini!

Kenapa Digital Transformation Penting?

Sebelum membahas pentingnya transformasi digital dalam dunia bisnis, Anda perlu mengetahui definisi dari transformasi digital itu sendiri. 

Melansir berbagai sumber, pengertian digital transformation atau transformasi digital secara umum adalah suatu proses digitalisasi proses dan layanan bisnis tradisional dan non-digital.

Nantinya, proses integrasi teknologi digital ini akan menghasilkan perubahan pada kinerja suatu bisnis sekaligus cara bisnis tersebut memberikan value kepada kliennya.

Transformasi digital begitu penting untuk diterapkan, apalagi di era sekarang, dimana mayoritas bidang mengintegrasikan teknologi digital selama proses kerja mereka.

Melansir Whatfix, tujuan utama dari adanya transformasi digital adalah untuk memperbaiki proses bisnis suatu perusahaan. Hal ini berkaitan dengan persaingan yang kian ketat di industri ini.

Untuk dapat berkembang, suatu perusahaan harus selalu up-to-date dalam melakukan proses bisnisnya supaya tidak tertinggal dengan saingan-saingan lainnya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa hanya 8% dari perusahaan-perusahaan global yang dapat meraih output bisnis sesuai target mereka karena mereka berinvestasi pada teknologi digital. Salah satu strategi yang membuat hal ini bisa terwujud adalah proses adaptasi dan integrasi teknologi digital yang maksimal.

Selain itu, transformasi digital juga penting karena hal ini dapat memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dan berkembang secara kontinu dalam jangka panjang.

Komponen-komponen yang Perlu Disiapkan dalam Melakukan Digital Transformation

Komponen-komponen yang Perlu Disiapkan dalam Melakukan Digital Transformation
Sumber: Unsplash

Agar bisa melakukan transformasi digital di Indonesia dengan sukses, Anda perlu memperhatikan beberapa komponen penting.

Menurut Gartner, suatu perusahaan memerlukan komponen-komponen di bawah ini untuk mencapai keberhasilan transformasi digital.

1. Digital Twins

Gartner mendefinisikan digital twin sebagai representasi digital dari suatu sistem. Implementasi komponen ini adalah melalui sebuah model yang mencerminkan suatu objek, proses, organisasi, manusia, dan benda abstrak lain.

Digital twins mendukung transformasi digital dengan cara memfasilitasi eksperimen dan mengumpulkan data untuk menunjang keputusan bisnis.

2. Privasi

Keamanan dan keselamatan merupakan komponen penting yang perlu perusahaan perhatikan ketika melakukan transformasi digital. Sayangnya, banyak perusahaan yang masih menyepelekan komponen ini.

Padahal, suatu transformasi digital tak akan berjalan lancar apabila karyawan maupun klien merasa privasi atau data dirinya dilanggar.

3. Budaya

Jika suatu perusahaan mengabaikan komponen budaya dari suatu proses transformasi digital, maka perusahaan tersebut perlu siap-siap menghadapi resistensi terhadap perubahan.

4. Augmented Intelligence

Lebih dari artificial intelligence, augmented intelligence memungkinkan manusia dan mesin untuk berkolaborasi menjalankan pekerjaan. 

Alih-alih mengganti karyawan dengan mesin, augmented intelligence mengumpulkan dan menyajikan data dengan cara yang memungkinkan pekerja untuk memperbanyak pengetahuan mereka.

5. Manajemen Produk Digital

Manajemen produk digital meliputi pemahaman terhadap suatu industri dan membuat produk yang cocok dengan industri tersebut. 

Nantinya, produk tersebut harus bisa meningkatkan pengalaman klien dan diserahkan melalui saluran digital.

Apabila Anda dapat fokus terhadap 5 komponen di atas, peluang keberhasilan  transformasi digital perusahaan akan semakin tinggi. Dengan begitu, perusahaan Anda bisa selangkah lebih maju daripada kompetitor.

Simak Juga:: Enterprise Architecture: Manfaat, Tahapan, dan Contohnya

Manfaat dari Digital Transformation

Manfaat dari Digital Transformation
Sumber: Unsplash

Bagi sebagian perusahaan, transformasi digital mungkin akan memakan cukup banyak biaya. Namun, hasil yang perusahaan peroleh juga akan sebanding dengan usaha ketika melakukan transformasi tersebut.

Berikut beberapa manfaat dari transformasi digital yang bisa perusahaan dapatkan:

  • Pengumpulan data yang meningkat.
  • Manajemen sumber daya yang lebih kuat.
  • Preferensi klien berdasarkan data.
  • Pengalaman klien yang lebih meningkat.
  • Dorongan budaya digital yang lebih baik.
  • Keuntungan yang meningkat.
  • Kelincahan yang meningkat.
  • Produktivitas yang meningkat.
  • Biaya tenaga kerja yang bisa lebih minimal.
  • Kemampuan bersaing dengan kompetitor dengan lebih maksimal.

Digital Transformation Terbaik di Indonesia

Digital Transformation Terbaik di Indonesia
Sumber: Deltadata Mandiri

Di era digitalisasi yang serba cepat ini, penting untuk suatu perusahaan segera melakukan transformasi digital. Salah satu layanan digital transformation terbaik adalah layanan kilat dan lincah dari Deltadata Mandiri.

Deltadata Mandiri hadir dengan motto  “enabling digital transformation fast through the latest technology, people, and leadership” untuk memberikan layanan, dengan tenaga profesional yang berpengalaman di bidangnya.

Dengan melaksanakan analisis bisnis hingga memfasilitasi desain proses bisnis sebelum mulai eksekusi transformasi digital, Deltadata Mandiri dapat menyesuaikan keinginan klien mengenai output dari transformasi digital di perusahaan klien tersebut.

Selain itu, Deltadata Mandiri juga telah membuat alat kolaborasi cloud-based bernama Sengkuyung untuk berkolaborasi dengan para klien, memahami keinginan klien, dan menjaga kepentingan para stakeholders.

Tak hanya itu, Deltadata juga mengawasi teknis kebutuhan, analisis, dan dokumentasi selama kolaborasi dengan klien.

Tertarik menggunakan jasa Deltadata untuk pelaksanaan digital transformation perusahaan Anda? Segera hubungi Deltadata Mandiri sekarang juga di sini!