Cara Kerja XDR dan Manfaatnya untuk Keberlangsungan Bisnis

February 20, 2024
Danar

Penggunaan cloud dan teknologi kolaborasi saat ini semakin populer. Seiring dengan hal tersebut juga muncul ancaman siber seperti phishing data.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan perusahaan adalah menerapkan sistem XDR. Apa itu XDR? Selengkapnya akan diulas secara detail dan lengkap dalam artikel ini.

Pengertian XDR

Teknologi eXtended Detection & Response atau XDR adalah salah satu sistem keamanan siber secara menyeluruh dan optimal dengan mengintegrasikan data. Cakupan keamanan XDR cukup luas, yaitu perlindungan terhadap data, produk, server, aplikasi cloud, hingga email, dan lain-lain.

Kemampuannya dalam mengendalikan berbagai jenis kejahatan siber menjadikan XDR dianggap sebagai sebuah inovasi. Karena dengan adanya XDR, pengendalian ancaman kejahatan siber bisa lebih efektif dan efisien.

Teknologi XDR ini berbeda dengan SIEM (Security Information and Event Management). Perbedaannya terletak pada tampilan panel tunggalnya yang menyerupai dasbor.

Tampilan tersebut memungkinkan personal keamanan dapat melihat semua hal dalam on premis maupun dalam cloud dengan mudah dan terintegrasi. Menariknya lagi adalah pemantauan dapat dilakukan darimana saja, sehingga sangat cocok untuk sistem kerja remote yang saat ini sedang trend di berbagai perusahaan.

Simak Juga:: Apa itu Metadata? Inilah Contoh dan Perbedaannya dengan Data

Bagaimana Cara Kerja Sistem Keamanan XDR?

Setidaknya terdapat tiga kemampuan utama dari sistem keamanan XDR:

1. Analisis dan Deteksi    

XDR security mengandalkan serangkaian analitik untuk mendeteksi setiap ancaman serangan siber. Dalam melakukan analisis dan deteksi terdapat beberapa fitur yaitu:

  • Analisis Internal dan Eksternal Traffic: untuk menganalisis trafik internal dan eksternal sehingga dapat mendeteksi serangan siber.
  • Integrated Threat Intelligence: untuk melacak informasi yang berkaitan dengan metode, alat, sumber, dan strategi serangan dari pihak penjahat siber.
  • Machine Learning-Based Detection: mengidentifikasi ancaman berdasarkan garis dasar pelaku.

2. Investigasi dan Respon

Cara kerja XDR security adalah untuk mengetahui tingkat keparahan dari ancaman, sehingga bisa meresponnya sesuai informasi tersebut.  Melalui beberapa fitur di bawah ini:

  1. Correlation of Related Alerts and Data: untuk mengelompokan peringatan secara otomatis, membuat timeline serangan dari log aktivitas, dan memprioritaskan peristiwa serangan. Sehingga dapat mengetahui akar penyebab serangan, dan memprediksi jenis serangan selanjutnya.
  2. Centralized User Interface (UI): untuk menyelidiki dan merespon peristiwa serangan dari konsol yang sama, sehingga membantu mempercepat respon.
  3. Response Orchestration Capabilities: memungkinkan tindakan respon secara langsung melalui interface XDR, serta tools komunikasi lain yang relevan .

3. Penerapan Dinamis dan Fleksibel

Sistem keamanan XDR memang dirancang dinamis sehingga bisa tetap bermanfaat dari waktu ke waktu. Berikut beberapa fitur penunjangnya:

  1. Security Orchestration: sistem terintegrasi dengan memanfaatkan control yang tersedia, sehingga bisa merespon kejahatan siber secara terpadu dan berstandar.
  2. Scalable Storage and Compute: XDR menggunakan sumber daya cloud untuk memenuhi kebutuhan data dan analisis Anda. Sehingga bisa mengidentifikasi dan menginvestigasi ancaman persisten tingkat lanjut atau serangan jangka panjang lainnya.
  3. Improvement Over Time: adanya machine learning dapat memastikan bahwa solusi menjadi lebih efektif dalam mendeteksi serangan yang lebih luas dari waktu ke waktu.
Simak Juga:: Mengenal DDoS Attack dan Cara Mengatasinya Yang Bisa Anda Pahami

Mengapa Sistem Keamanan XDR Penting?

Pemaparan data dari McAfee Corp menyebutkan bahwa terdapat serangan siber yang terjadi di berbagai belahan dunia. Ancaman siber tersebut menyerang layanan cloud dan teknologi kolaborasi.

Data tersebut menyebutkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu 63% seiring dengan semakin maraknya sistem pekerjaan remote atau jarak jauh seperti WFH.

Itulah mengapa saat ini sudah seharusnya pihak perusahaan semakin aware terhadap keamanan sistem layanan cloud. Karena akibat dari serangan siber salah satunya adalah adanya penyalahgunaan data perusahaan ataupun data konsumen Anda.

Dengan kata lain, setiap perusahaan maupun organisasi saat ini sudah seharusnya menerapkan sistem keamanan XDR.

Simak Juga:: Pengertian Data Governance: Manfaat dan Mengapa Begitu Pentingnya

Manfaat Sistem Keamanan XDR Untuk Perusahaan

Canggihnya sistem keamanan XDR tentu memberikan manfaat bagi keberlangsungan perusahaan:

1. Mengamankan Data Penting

Setiap perusahaan atau organisasi tentu memiliki data yang sensitive, dan jangan sampai data tersbut menjadi konsumsi public. Karena tidak jarang penyalahgunaan data dapat merugikan pihak perusahaan maupun personal.

2. Sebagai Antisipasi Serangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sistem keamanan XDR merupakan Inovasi dalam sektor cyber security. XDR mampu melakukan analisis terkait jenis serangan apa yang terjadi setelahnya

3. Meningkatkan Produktivitas

Adanya serangan siber seringkali menjadi penghambat dalam bekerja, karena terkadang beberapa jenis serangan siber melemahkan jaringan hingga perangkat.

Dengan menerapkan sistem keamanan yang canggih seperti XDR, maka Anda tidak perlu khawatir lagi akan serangan siber yang dapat mengganggu produktivitas kinerja.

Beberapa manfaat XDR tersebut menjadi bukti bahwa pentingnya menerapkan sistem keamanan siber khususnya pada sektor bisnis.

Tingkatkan proteksi keamanan perusahaan Anda bersama Deltadata Mandiri, Dilengkapi dengan tenaga ahli yang profesional dan berpengalaman pada bidang transformasi digital menjadikan Deltadata Mandiri sebagai penyedia layanan terbaik untuk mengatasi berbagai macam kejahatan siber dengan mengaplikasikan sistem keamanannya.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai XDR, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com