Cara Meningkatkan Keamanan Digital Dengan Baik Dan Rekomendasinya

October 30, 2023

Ada beberapa cara meningkatkan keamanan digital yang saat ini perlu Anda ketahui. Karena pada era teknologi informasi, kemajuan teknologi berkembang dengan sangat pesat. Sehingga perangkat lunak maupun hardware yang ada, cepat menjadi usang dan ketinggalan zaman.

Untuk itu, berikut ini ulasan singkat tentang keamanan digital. Dengan demikian privasi, keamanan data maupun perangkat digital yang Anda gunakan tetap dapat terjaga fungsi dan keamanannya,

Pengertian Meningkatkan Keamanan Digital 

meningkatkan keamanan digital

Istilah digital sendiri berasal pada kata “digit” yang artinya bilangan desimal. Dalam teknologi informasi, bilangan tersebut merujuk pada penggunaan bilangan biner (angka 0 dan 1). Sebagai dasar logika untuk menyimpan, mengolah, menampilkan maupun mengirim data dengan perangkat elektronik.

Sedangkan istilah digital tidak hanya mengacu pada perangkat yang dapat menyimpan, mengolah, menampilkan maupun mengirim data saja. Tetapi juga mencakup perangkat lunak yang ada pada perangkat-perangkat tersebut.

Sehingga, pengertian dari keamanan digital adalah segala usaha yang bertujuan untuk menjaga keamanan perangkat keras, perangkat lunak serta data dan informasi yang ada di dalamnya.

Pengertian meningkatkan keamanan digital dapat kita artikan sebagai suatu upaya untuk memenuhi standar dalam prinsip keamanan digital. Upaya pengamanan tersebut tadi, bukan saja sebatas secara virtual, namun juga mencakup ruang lingkup yang lebih luas. Termasuk tindakan pengamanan secara fisik.

Simak Juga:: Peran Penting Cyber Security dalam Melindungi Data dan Privasi

Kenapa Perlu Meningkatkan Keamanan Digital?

pentingnya meningkatkan keamanan digital

Sebagian besar perangkat elektronik telah terhubung dengan jaringan internet. Tidak hanya komputer dan telepon pintar saja, namun perangkat yang umum penggunaannya juga telah terhubung dengan internet.

Sementara itu, internet sendiri merupakan suatu jaringan untuk bertukar informasi yang dapat digunakan oleh semua orang. Dan tidak semua orang yang terhubung melalui internet memiliki tujuan baik. Hal inilah yang menjadi risiko keamanan digital.

Dengan kondisi tersebut kita perlu menjaga keamanan data, perangkat lunak dan perangkat keras yang kita gunakan.

Risiko Keamanan Digital

risiko keamanan digital

Semakin tinggi tingkat penggunaan perangkat pintar, maka semakin banyak juga peluang risiko keamanannya. Karena perangkat digital memiliki kemampuan baik menyimpan, mengolah maupun menampilkan atau mengirim data melalui internet.

Dengan kapasitas untuk bertukar informasi secara nirkabel, terutama melalui internet. Peluang untuk data dari perangkat tersebut sampai kepada orang yang tidak tepat juga semakin tinggi.

Tanpa adanya pertukaran informasi melalui jaringan tanpa kabel, risiko keamanan digital tidak terlalu tinggi. Karena peluangnya hanya memungkinkan secara aksi fisik. Sedangkan dengan adanya sambungan tanpa kabel, tanpa pengamanan yang memadai risiko tersebut semakin meningkat.

Simak Juga:: Pahami Data Security Yang Bermanfaat Untuk Keamanan Data Perusahaan

Bagaimana Cara Meningkatkan Keamanan Digital

cara meningkatkan keamanan digital

Seperti pengertian meningkatkan keamanan digital, untuk meningkatkannya adalah dengan memenuhi kriteria-kriteria dalam prinsip keamanan digital. Semakin banyak kriteria pada prinsip keamanan digital yang terpenuhi, maka semakin baik juga tingkat keamanannya.

Ada 6 prinsip keamanan digital, yaitu kerahasiaan, otentikasi, integritas, non-repudiation, akses kontrol dan ketersediaan. Dari prinsip tersebut cari tahu prinsip mana yang telah dan yang belum terpenuhi pada perangkat maupun aktivitas digital Anda.

Secara umum ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan keamanan digital.

1. Terapkan Aturan Kata Sandi

Kata sandi yang kuat adalah salah satu garis pertahanan pertama digital. Hal ini berhubungan dengan prinsip kerahasiaan, otentikasi dan akses kontrol. Untuk itu perbarui kata sandi secara rutin dan pastikan kekuatannya memenuhi standar.

2. Melakukan Update secara Teratur

Koneksi apapun ke Internet rentan, dan ini adalah fitur utama yang peretas coba gunakan. Selain password, selalu perbarui setiap koneksi, sistem operasi, dan aplikasi dengan patching dan penyempurnaan.

Hal ini merupakan usaha untuk memastikan integritas layanan yang ada pada perangkat Anda tetap terjaga. Karena dengan adanya internet, peluang seseorang merubah perangkat lunak dengan virus semakin tinggi.

Selain dengan memasang anti virus, melakukan update berkala dapat membantu pihak pengembang untuk mendeteksi apabila adanya kejanggalan pada perangkat yang Anda gunakan.

3. Terapkan VPN untuk Semua Koneksi

Jaringan yang hanya menggunakan keamanan generik lebih rentan terhadap serangan. Menggunakan koneksi jaringan pribadi virtual (VPN) jauh lebih aman, terutama saat terhubung melalui layanan Wi-Fi publik.

4. Hentikan Semua Layanan yang Tidak Digunakan

Segera tutup aplikasi saat sudah selesai penggunaannya, terutama aplikasi yang menggunakan akses internet. Hal ini bertujuan untuk lebih membatasi peluang akses tidak sah dari saluran yang terbuka.

5. Manfaatkan Opsi Keamanan yang Ada

Perangkat digital terbaru pada umumnya telah hadir berikut dengan fitur keamanan. Pelajari dan manfaatkan setiap fasilitas keamanan bawaan perangkat tersebut. Lebih dari itu, Anda dapat memasang perangkat lunak keamanan tambahan.

Simak Juga:: Mengenal DDoS Attack dan Cara Mengatasinya Yang Bisa Anda Pahami

Rekomendasi Service Keamanan Digital

Cara meningkatkan keamanan digital tadi merupakan cara umum yang paling mudah untuk Anda pelajari dan lakukan.

Untuk tingkat keamanan digital yang lebih baik, dengan cara yang lebih mudah dan efektif. 

Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan service dari Deltadata Mandiri dalam upaya meningkatkan proteksi data dan juga server Anda.

Deltadata Mandiri adalah perusahaan profesional berpengalaman yang berkecimpung dalam bidang transformasi digital.

Silahkan hubungi Deltadata lebih lanjut untuk mendapatkan informasi terbaru, melalui email berikut: marketing@deltadatamandiri.com